Trump Pecat Menteri Luar Negerinya, Tunjuk Direktur CIA Sebagai Pengganti

Presiden AS Donald Trump memecat Menteri Luar Negeri Rex Tillerson, lewat akun Twitter-nya, dan menunjuk Mike Pompeo sebagai penggantinya.
Annisa Margrit | 14 Maret 2018 06:13 WIB
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Rex Tillerson. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden AS Donald Trump memecat Menteri Luar Negeri Rex Tillerson, lewat akun Twitter-nya, dan menunjuk Mike Pompeo sebagai penggantinya.

Seperti dilansir dari Reuters, Rabu (14/3/2018), pengumuman itu disampaikan Trump melalui unggahannya di Twitter pada Selasa (13/3) pagi waktu setempat.

"Kami cukup akur dalam banyak hal tapi juga memiliki banyak perbedaan pendapat. Ketika Anda melihat kesepakatan tentang Iran, saya rasa itu tidak buruk, saya pikir Tillerson merasa itu hal yang baik-baik saja. Saya ingin melakukan sesuatu yang lebih dan dia merasa sedikit berbeda," paparnya kepada wartawan setelah pengumuman via Twitter.

Tidak hanya mengenai Iran, tapi hubungan keduanya tidak begitu baik mengenai isu Korea Utara (Korut), Rusia, dan Iran. Pencopotan ini juga dilakukan di tengah perkembangan positif dalam isu Korut, di mana AS sedang bersiap bertemu dengan negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un itu.

Di sisi lain, Tillerson bersikap lebih tajam terhadap Rusia termasuk peran negara tersebut dalam aneksasi Krimea dan dukungannya terhadap Presiden Suriah Bashar Al-Assad. Dia juga menekankan pentingnya AS untuk mengikuti ketentuan dalam perjanjian nuklir dengan Iran.

Tillerson mengungkapkan Trump baru menghubunginya beberapa jam kemudian dari pesawat Air Force One. Masa jabatannya baru akan berakhir pada 31 Maret 2018, tapi Tillerson akan mendelegasikan pekerjaannya kepada John Sullivan yang merupakan Deputi Menteri Luar Negeri, pada Selasa (13/3) waktu setempat.

"Yang paling penting adalah memastikan transisi yang tertib dan mulus di tengah banyaknya perkembangan situasi politik dan tantangan keamanan nasional," terang Tillerson dalam konferensi pers.

Dalam konferensi pers tersebut, dia terlihat jelas berupaya bersikap tenang dalam situasi ini meski kabar pemecatannya cukup mengagetkan.

Tillerson juga menolak untuk berterima kasih atau menyampaikan pujian kepada Trump, tapi menekankan hubungannya yang kuat dengan Menteri Pertahanan AS Jim Mattis. Keduanya dipandang sebagai dua orang moderat yang mempengaruhi kebijakan Trump.

Pencopotan ini sebenarnya sudah ramai menjadi spekulasi selama beberapa bulan terakhir dan Trump mengklaim telah membicarakannya dengan Tillerson. Namun, sejumlah pejabat Kementerian Luar Negeri AS mengungkapkan Tillerson tidak tahu alasan Trump memecatnya dan sebenarnya ingin bertahan di posisinya.

Bahkan, salah satu pejabat kementerian tersebut turut dipecat setelah menyampaikan hal yang berbeda dengan versi Gedung Putih mengenai pemecatan ini.

Adapun Pompeo, yang dinilai banyak pihak sebagai pendukung Trump, sekarang menjabat sebagai Direktur CIA. Trump menuturkan dirinya dan Pompeo memiliki proses berpikir yang sama.

Sumber : Reuters

Tag : amerika serikat
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top