Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Indonesia dan Belanda Kerja Sama Kembangkan SMK Pertanian

Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Belanda bekerja sama mengembangkan model pendidikan kejuruan di bidang pertanian.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 09 Maret 2018  |  16:55 WIB
Persawahan di Bali - Antara/Nyoman Budhiana
Persawahan di Bali - Antara/Nyoman Budhiana

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Belanda bekerja sama mengembangkan model pendidikan kejuruan di bidang pertanian.

Kerja sama kedua negara tersebut ditandai dengan pendatanganan technical arrangement antara M. Bakrun, Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Ditjen Dikdasmen Kemendikbud) dan Ferdinand Lahnstein, Minister Plenipotentiary/ Deputy Head Of Mission Kedutaan Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia, Kamis (8/3/2018).

"Sebagai tahap awal, program percontohan akan dilaksanakan di SMK Negeri 2 Subang Jawa Barat dan SMK Negeri 5 Jember Jawa Timur selama tiga tahun. Hasil percontohan akan direplikasi kepada SMK bidang pertanian lainnya di Indonesia," kata Bakhrun dalam keterangan tertulis, Kamis (8/3/2018).

Kegiatan kerja sama kedua negara ini meliputi penguatan kerjasama antara lembaga pemerintah, sekolah dan industri melalui program kerja bersama dan pengembangan teaching factory; pengembangan kurikulum, modul pembelajaran, dan standar kompetensi yang selaras dengan industri; pelatihan untuk guru dan tenaga kependidikan di industri, pelatihan softskill, antara lain communication skill dan social skill, program pelatihan guru dan tenaga kependidikan di Belanda, dan kegiatan pembelajaran di SMK oleh instruktur dari industri; pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur SMK yang meliputi laboratorium dan teaching factory; dan pembentukan tim manajemen sebagai pelaksana program.

Beberapa pemangku kepentingan yang terlibat dalam program kerja sama ini, di antaranya Kementerian Pertanian, Kantor Staf Presiden, Kedutaan Besar Kerajaan Belanda Nuffic NESO Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Wageningen, mitra industri. Mulai dari usaha pembenihan sampai dengan retail.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertanian
Editor : Bambang Supriyanto
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top