Mendagri Australia Undang Jokowi Hadir Dalam ASEAN-Australia Summit 2018

Menteri Dalam Negeri Australia Peter Dutton mengundang Presiden Joko Widodo untuk hadir dalam ASEAN-Australia Summit yang akan digelar pada Maret 2018.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 05 Maret 2018  |  11:23 WIB
Mendagri Australia Undang Jokowi Hadir Dalam ASEAN-Australia Summit 2018
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull (kanan) menyapa warga yang sedang menggendong bayi, di sela-sela aktivitas jalan pagi di Sydney, Minggu (26/2/2017). - Setpres

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri Australia Peter Dutton mengundang Presiden Joko Widodo untuk hadir dalam ASEAN-Australia Summit yang akan digelar pada Maret 2018.

Undangan tersebut disampaikan langsung oleh Dutton yang mengunjungi Jokowi dan didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Istana Negara, Senin (5/3/2018).

"Tadi Mr. Peter melakukan kunjungan kehormatan kepada Bapak Presiden dan menyampaikan undangan Perdana Menteri (PM) Australia Malcom Turnbull untuk hadir pada ASEAN-Australia Summit pada pertengahan bulan ini," kata Retno.

Selain menghadiri ASEAN-Australia Summit, Presiden juga dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Turnbull. Menurutnya, kepergian Dutton ke Indonesia merupakan kunjungan kenegaraan ke luar negeri pertama kali baginya sejak dilantik sebagai Menteri Dalam Negeri pada 19 Desember 2017.

Kementerian Dalam Negeri di bawah kepemimpinan Dutton merupakan portofolio baru sehingga kedatangannya kali ini ke Indonesia sekaligus untuk memperkenalkan lembaga tersebut ke Indonesia.

"Di bawah portofolio tersebut, Peter memiliki tanggung jawab antara lain terkait dengan masalah intelijen keamanan, organisasi yang ada di bawahnya adalah polisi, Australian Border Forces, Australian Criminal Inteligent Commision dan terkait masalah melawan terorisme," tambah Retno.

ASEAN-Australia Summit merupakan pertemuan pertama antara pemimpin negara-negara ASEAN dan Australia yang dihelat di Negeri Kangguru. Sebelumnya, Kuasa Usaha Australia untuk Indonesia Allaster Cox juga meyampaikan undangan serupa. 

Cox mengatakan secara simbolis acara tersebut akan menunjukkan hubungan lebih kuat antara Australia dan negara-negara ASEAN, terutama dalam bidang ekonomi dan perdagangan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
australia, kerja sama

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup