Menteri Agama Buka Perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Singkawang

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan membuka perayaan Imlek 2569 Kongzili dan Cap Go Meh 2018 di Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat, Jumat (2/3/2018).
Amanda Kusumawardhani | 02 Maret 2018 10:30 WIB
Warga keturunan Tionghoa melakukan ritual Sang Sin, yakni prosesi mengantar 'Toa Pek Kong' atau Dewa untuk menghadap Tuhan Yang Maha Esa di Klenteng Ling Hok Bio di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (9/2). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan membuka perayaan Imlek 2569 Kongzili dan Cap Go Meh 2018 di Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat, Jumat (2/3/2018).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Singkawang Nahruji menyatakan kehadiran Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mewakili Presiden RI Joko Widodo. Berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang, perayaan Gong Xi Fa Chai dan Cap Go Meh 2018 akan berlangsung hari ini dan dipusatkan di kawasan Jalan Diponegoro, Singkawang.

“Selain membuka Gong Xi Fa Chai dan Cap Go Meh 2018, Menag juga akan memberi sambutan atas nama Presiden RI Joko Widodo,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (2/3/2018).

Setelah menghadiri acara itu, Lukman akan bertolak ke Pesantren Pembangunan Ushuluddin Kota Singkawang.

Nahruji menambahkan gelaran perayaan Imlek dan Cap Go Meh Singkawang tahun ini akan memecahkan empat rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) yakni dalam kategori lampion terbanyak, gerbang Cap Go Meh terbesar, Tatung (orang yang dirasuki roh dewa atau leluhur) terbanyak, dan replika naga terbanyak.

Rangkaian parade Tatung akan menjadi sajian atraksi utama dalam pergelaran kali ini. Rencananya, parade Tatung akan mulai berjalan mengikuti rute mulai pukul 07.00 WIB.

Saat ini, jumlah Tatung yang sudah didaftarkan ke MURI tercatat sebanyak 1.129 Tatung.

Rute yang akan dilewati mulai  halaman Kantor Wali Kota Singkawang di Jalan Firdaus-Jalan Diponegoro-Jalan Sejahtera-Jalan Budi Utomo-Jalan Salam Diman-Jalan Setia Budi-Jalan Niaga dan berakhir di Jalan Pai Bakir.

Selain Menag, perayaan Gong Xi Fa Chai dan Cap Go Meh tersebut akan dihadiri sejumlah pejabat, di antaranya Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi, Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Tag : imlek, menteri agama
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top