Kepala Staf Kepresidenan: Hubungan Indonesia - Australia Bakal Lebih Baik

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko optimistis hubungan Indonesia dengan Australia akan terbangun lebih baik ke depannya.
Jaffry Prabu Prakoso | 15 Februari 2018 23:55 WIB
Moeldoko - Antara/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA -- Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko optimistis hubungan Indonesia dengan Australia akan terbangun lebih baik ke depannya.

Pernyataan itu disampaikan saat menerima Kuasa Usaha Australia untuk Indonesia, Allaster Cox. “Hubungan kerja sama antara kedua negara harus dikembangkan lebih baik, tak hanya fokus pada kerja sama militer dan pertahanan,” kata Moeldoko, Kamis (15/2/2018).

Dia menambahkan Indonesia dan negara-negara kawasan sangat ingin kondisi kawasan Laut China Selatan berjalan dinamis dan stabil.

“Australia perlu Indonesia. Kita punya kepentingan yang sama di Laut China Selatan, atau yang sekarang kita sebut sebagai Laut Natuna Utara. Karena itu, kita perlu keadaan yang dinamis dan stabil, bukan dinamis tapi mengancam,” jelasnya.

Menurutnya kawasan ini sangat penting dan strategis untuk perdagangan internasional, serta kaya akan sumber daya alam.

Moeldoko memaparkan, saat menjabat Panglima TNI dia memiliki hubungan yang sangat baik dengan angkatan bersenjata maupun Pemerintahan Australia secara umum. “Saya selalu tegas dalam hal menjaga kedaulatan negara, termasuk terkait perbatasan,” katanya.

Moeldoko mengenang, sebagai Panglima TNI dia pernah memperingatkan Malaysia agar tidak membangun mercusuar di lokasi yang masih masuk grey area perbatasan kedua negara, di Tanjung Datu yang merupakan perbatasan antara Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia, dan Serawak, Malaysia.

Tag : kerja sama
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top