Pakar Pendidikan: Paradigma Guru Harus Berubah

Praktisi sekaligus pakar pendidikan Itje Chodijah menyoroti penggunaan pelayanan teknologi pendidikan (edutech) yang kian marak, tetapi tak digunakan maksimal oleh tenaga pengajar.
Dhiany Nadya Utami | 12 Februari 2018 21:44 WIB
Ilustrasi guru mengajar di kelas. - Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Praktisi sekaligus pakar pendidikan Itje Chodijah menyoroti penggunaan pelayanan teknologi pendidikan (edutech) yang kian marak, tetapi tak digunakan maksimal oleh tenaga pengajar.

Dia menyatakan teknologi tak akan berfungsi dengan baik jika penggunanya tidak memanfaatkan secara maksimal.

“Teknologi adalah alat, yang utama adalah manusianya,” ujar Itje dalam diskusi panel Quipper Thought Leadership: Melangkah Maju dengan Pendidikan dan Teknologi yang diadakan di Perpustakaan Nasional RI pada Senin (12/2/2018).

Itje mengapresiasi perusahaan rintisan yang bergerak di bidang teknologi pendidikan.

Menurutnya, fasilitas-fasilitas yang ada di platform teknologi pendidikan seperti video pembelajaran dan modul digital bisa jadi rujukan para guru maupun pelajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Di sisi lain, ia meminta para tenaga pengajar untuk mengubah paradigma mereka dan menyesuaikan diri dengan zaman.

Itje menambahkan saat ini harusnya guru tidak lagi sekadar penyedia konten, tetapi bertindak sebagai pembimbing dan pengarah.

Guru harus mampu membuat anak menyadari apa yang mereka perlukan, kemudian menawarkan mereka pilihan dan mengarahkan sesuai dengan passion dan kemampuan anak.

“Kalau bertahan hanya sekadar mentransfer ilmu, mereka akan jadi guru kecewa karena perannya tidak berguna,” ujar Itje.

Tag : teknologi, edukasi
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top