Potensi Rempah di Maluku Meredup, Wapres Kalla Tekankan Pengembangan Teknologi

Wakil Presiden Jusuf Kalla menginginkan pendidikan tinggi seperti Universitas Pattimura mengembangkan teknologi-teknologi yang dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat untuk mengelola sumber daya alam
Lingga Sukatma Wiangga
Lingga Sukatma Wiangga - Bisnis.com 05 Februari 2018  |  12:21 WIB
Potensi Rempah di Maluku Meredup, Wapres Kalla Tekankan Pengembangan Teknologi
Wakil Presiden Jusuf Kalla - Antara

Kabar24.com, JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla menginginkan pendidikan tinggi seperti Universitas Pattimura mengembangkan teknologi yang dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat untuk mengelola sumber daya alam.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Jumain Appe saat bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Senin (5/2/2018).

Menurutnya, Jusuf Kalla atau JK mendorong hal itu karena potensi kekayaan alam Maluku yang beragam.

“Wapres memberikan arahan mengenai pengembangan dan tidak hanya itu sebenarnya, beliau melihat sektor perikanan sangat besar di wilayah Ambon. Oleh karena itu, harus mengembangkan teknologi yang kira-kira nelayan secara ekonomis bisa memanfaatkan misalnya untuk pengawetan ikan, pengeringan ikan, yang selama ini bermasalah di wilayah tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, Wapres Kalla  menyoroti potensi Maluku akan rempah-rempah yang meredup. Padahal, pada masa kolonial kepulauan Maluku dikenal sebagai penghasil rempah dunia.

Potensi tersebut, harus kembali dikembangkan karena dapat menjadi sumber ekonomi yang cukup besar bagi masyarakat.

“Sehingga tidak hanya mengandalkan bahan baku, tetapi melakukan processing, misalnya mengubah menjadi bahan baku obat yang saat ini 93% itu impor, padahal bahan baku kita banyak. Karena itu perlu mengembangkan teknologi yang bisa mengubah SDA dari bahan baku menjadi intermediate product untuk bahan baku obat atau kosmetik,” tuturnya.

Oleh karena itu perguruan tinggi seperti Universitas Pattimura harus lebih berperan. Sehingga ke depan, masyrakat di sana memiliki komoditas andalan untuk dijadikan sumber ekonomi dan tidak mudah mengubah sumber mata pencaharian.

Pihaknya pun berkomitmen hal ini dilakukan secara berkesinambungan. Jika hal itu dilakukan, Maluku dapat mengembangkan ekonomi sesuai dengan komoditas andalannya dan berpengaruh besar terhadap peningkatan kesejahteraan rakyat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jusuf kalla, maluku, Wapres JK

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top