Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Disengat Ikan Pari, Kondisi Menag Lukman Hakim Membaik dan siap Balik ke Jakarta

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan kondisinya pada Minggu (4/2) sudah membaik, setelah disengat ekor ikan pari di Pulau Sangalaki Kabupaten Berau, Kalimantan Timur pada Sabtu (3/2/2018).
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kiri) memaparkan program kerja saat rapat kerja Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (13/7)./ANTARA-M Agung Rajasa
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kiri) memaparkan program kerja saat rapat kerja Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (13/7)./ANTARA-M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA—Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan kondisinya pada Minggu (4/2) sudah membaik, setelah disengat ekor ikan pari di Pulau Sangalaki Kabupaten Berau, Kalimantan Timur pada Sabtu (3/2/2018).

Saat ini, Lukman dalam perjalanan dari Berau menuju Balikpapan untuk selanjutnya terbang ke Jakarta.

"Alhamdulillah, saya dalam kondisi  baik. Saat ini saya dalam perjalanan dari Berau menuju Jakarta via Balikpapan," ujar Lukman Hakim melalui keterangan resminya hari ini, Minggu (4/2/2018).

Dia disengat ekor Ikan Pari saat berada di Pulau Sangalaki dan terluka pada bagian bawah mata kaki di atas tumit kaki kanannya.

Akibat sengatan itu, Lukman sempat dibawa ke Puskesmas Derawan, lalu dirujuk ke RSUD Berau. Dia mengaku mendapat penanganan yang baik dari para dokter dan perawat, baik saat di puskesmas maupun di RSUD.

"Saya amat bersyukur dan berterima kasih, perhatian dan bantuan dari Bupati, Wabup, pimpinan DPRD, Kapolres sangat baik. Perhatian yang begitu hangat penuh kekeluargaan  saya rasakan dari Kakanwil Kaltara dan Kaltim berikut staf jajarannya, para tokoh agama, dan masyarakat umumnya," ujarnya.

Dia mengaku apa yang menimpa dirinya adalah kecelakaan semata karena kurangnya kehati-hatian. Menurutnya, tidak ada pihak-pihak yang harus disalahkan.

"Kecelakaan ini sama sekali tidak membuat saya kapok untuk suatu saat nanti bisa berkesempatan kembali ke tempat-tempat lokasi wisata yang indah itu, khususnya ke Labuan Cermin, Biduk-Biduk yang belum sempat saya singgahi," tuturnya.

Sebelumnya, Lukman bersama istri dan anak-anaknya berlibur ke Pulau Derawan, Maratua, Kakaban, Sangalaki, dan berencana ke Labuan Cermin di wilayah Kaltim.

Setiap kali liburan bersama keluarga, khususnya di daerah-daerah pedalaman atau terluar dari wilayah Tanah Air, Menag terbiasa tidak memberikan informasi kepada siapapun juga.

"Kami tidak ingin merepotkan banyak pihak dan tidak ingin ada protokoler dalam kegiatan pribadi selama liburan," tuturnya.

Kemarin Sabtu (3/2/2018), dari Pulau Derawan, dia dengan keluarga bermaksud menuju Pulau Maratua. Namun karena hujan lebat dan ombak besar, mereka terpaksa singgah di Pulau Sangalaki menunggu cuaca membaik.

"Setelah sekitar 2 jam di Sangalaki, kami bersiap menuju Pulau Kakaban. Ketika hendak naik boat, dan permukaan air laut masih sebatas betis, tiba-tiba ikan pari menyengat bawah mata kaki di atas tumit kaki kanan saya," ceritanya.

Kejadiannya sekitar 11.15 WITA. Lukman lalu langsung kembali ke Derawan, menuju Puskesmas di sana. "Para perawat amat baik dan cekatan menangani luka saya. Namun 1 jam setelah itu, terjadi pendarahan yang cukup banyak pada luka. Saat itu juga diputuskan untuk dibawa ke RSUD Berau," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper