Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Awas, Gerhana Bulan Total Timbulkan Gelombang Pasang. Ini Lokasinya

Gerhana bulan total akan berdampak terjadinya gelombang pasang 11,4 meter di sejumlah titik pesisir pantai di pulau Jawa, Sumatra, dan Kalimantan.
Sutarno
Sutarno - Bisnis.com 30 Januari 2018  |  12:04 WIB
Gerhana bulan - Antara/Nyoman Budhiana
Gerhana bulan - Antara/Nyoman Budhiana

Bisnis.com, JAKARTA–Gerhana bulan total akan berdampak terjadinya gelombang pasang 11,4 meter di  sejumlah titik pesisir pantai di pulau Jawa, Sumatra, dan Kalimantan.

Musripan, Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangkates Kabupaten Jember Jawa Timur, mengimbau masyarakat di kawasan pesisir utara Jawa Timur untuk mewaspadai dampak gerhana bulan yakni terjadinya pasang surut gelombang air laut.

"Bagi penduduk sekitar pantai diimbau untuk berhati-hati karena akan terjadi gelombang laut yang cukup signifikan akibat pasang surut air laut tersebut," ujarnya hari ini Selasa, seperti dilansir Antara.

Berdasarkan data BMKG, masyarakat diminta mewaspadai fenomena pasang air laut maksimum pada 30 Januari hingga 1 Februari 2018 yang dapat mencapai 1 meter hingga 1,4 meter dan surut minimum 1 meter hingga 1,1 meter di seluruh wilayah pesisir.

Selain di Jawa Timur, gelombang pasang juga terjadi di sejumlah titik di Pulau Jawa lainnya serta di Pulau Sumatra dan Kalimantan. Berikut lokasi gelombang pasang tersebut.

Lokasi

Waktu

Pesisir Sumatera Utara

01.00-02.00 WIB (Kamis)

Pesisir barat Sumatera Barat

16.00-20.00 WIB

Pesisir selatan Lampung

18.00-21.00 WIB

Pesisir utara Jakarta

01.00-02.00 WIB (Kamis)

Pesisir utara Jawa Tengah

9.00-23.00 WIB

Pesisr utara jawa Timur

 

Pesisir Kalimantan Barat

21.00-24.00 WIB

Rabu malam (31/1/2018) akan terjadi gerhana bulan total yang dapat diamati di seluruh Indonesia pada malam hingga tengah malam dan gerhana bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi, sehingga cahaya matahari tersebut tidak sampai ke bulan.

"Gerhana adalah peristiwa dinamika bulan, bumi dan matahari, sehingga dampak dari gerhana tersebut adalah terjadinya pasang surut gelombang air laut dan terjadinya bulan purnama," lanjut Musripan.

Gerhana bulan total pernah terjadi tahun 2000 dan akan kembali terjadi lagi pada tahun 2036, sehingga periode terjadinya gerhana bulan yakni 18 tahun sekali.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gerhana Bulan Total

Sumber : Antara

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top