Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jika Gunung Agung Erupsi, Badung Siap Sumbang Rp47 Miliar untuk Pemulangan Wisatawan

Wacana Menteri Pariwisata Arief Yahya mengenai penyediakan dana sebesar Rp50 miliar untuk memulangkan wisatawan jika Gunung Agung erupsi ternyata tidak main-main.
Wisatawan berjemur saat umat Hindu melaksanakan upacara Melasti di Pantai Kuta, Badung, Bali, Sabtu (25/3)./Antara-Fikri Yusuf
Wisatawan berjemur saat umat Hindu melaksanakan upacara Melasti di Pantai Kuta, Badung, Bali, Sabtu (25/3)./Antara-Fikri Yusuf

Kabar24.com, DENPASAR -- Wacana Menteri Pariwisata Arief Yahya mengenai penyediakan dana sebesar Rp50 miliar untuk memulangkan wisatawan jika Gunung Agung erupsi ternyata tidak main-main.

Pasalnya, Dinas Pariwisata Badung sudah mengaku siap memberikan dana sebesar Rp47 miliar untuk memulangkan wisatawan lewat angkutan darat secara gratis.

Kepala Dinas Pariwisata Badung I Made Badra mengatakan dana sebesar Rp47 miliar tersebut berasal dari penyisihan pajak hotel dan restoran yang ada di kabupaten ini. Adapun pada 2017, terkumpul sebanyak Rp347 miliar.

Dana tersebut seharusnya dibagikan ke 6 kabupaten di Bali kecuali Denpasar dan Gianyar yang sama-sama merupakan daerah tujuan wisata. Hingga saat ini telah dibagikan sebanyak Rp300 miliar sementara sisanya yakni Rp47 miliar tadi belum dibagi dan akan dialokasikan ke rencana mitigasi pemulangan wisatawan jika Gunung Agung erupsi lagi.

"Kalau misalnya kita keluarkan dana bencana prosedurnya lebih lama sementara uang tercapat adalah penyisihan pajak hotel dan restoran yang seharusnya dibagi ke 6 kabupaten tersebut," katanya kepada Bisnis, Selasa (19/12/2017).

Kata dia, pemerintah pusat sendiri juga berencana mengeluarkan dana untuk mitigasi pemulangan wisatawan melului Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Berdasarkan rapat yang diikutinya beberapa waktu lalu, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebutkan bahwa Dirjen Perhubungan darat akan memfasilitasi pemulangan wisatawan lewat jalur darat dengan menggelontorkan uang sebesar Rp45 miliar.

"Pak menteri sudah memberikan rekomendasi tinggal suratnya turun saja," katanya.

Menurutnya dengan bantuan dan sinergi bersama antara pemerintah pusat dengan daerah maka pelayanan ke wisatawan saat Gunung Agung erupsi tidak akan menjadi masalah lagi.

Dia juga mengakui saat Gunung Agung erupsi beberapa waktu lalu, pelaku pariwisata di Bali bersama pemerintah daerah maupun pusat belum siap menjalankan rencana mitigasi. Seperti misalnya ada pungutan Rp300 ribu ke setiap wisatawan yang pulang menggunakan angkutan darat hingga banyaknya calo yang mengambil keuntungan ke wisatawan.

Sementara, saat ini, diakuinya pemerintah bersama pelaku pariwisata sedang menggodok rencana mitigasi terbaik yang akan diberikan ke wisatawan.

Saat ini ada beberapa langkah mitigasi yang sudah direncanakan seperti tidak hanya menggunakan bus menuju bandara terdekat, melainkan juga fast boat dari Kedonganan ke Banyuwanginyang yang ditempuh dalam waktu 2,5 jam.

"Kita juga mengusulkan agar berkoordinasi dengan Panglima TNI agar disiapkan pesawat hercules dan ini masih dikoordinasikan," katanya.

Menurutnya, langkah mitigasi ini sangat penting disiapkan untuk tetap memberikan pelayanan terbaik ke wisatawan yang datang ke Bali. Wisatawan harus dijamin bisa menginap gratis satu malam saat Gunung Agung erupsi. Kemudian, keesokan harinya, wisatawan dapat dipulangkan dengan aman menggunakan fasilitas gratis yang disiapkan pemerintah.

"Ya kita kan masih bertanggung jawab bahwa core bisnis kita pariwisata dan kita harus menjaga agar bisnis ini sustain, kalau memang ada arahan dari pusat maka akan menjadi semakin kuat," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper