Presiden Baru Zimbabwe Promosikan Batik

Presiden baru Zimbabwe, Emmerson Mnangagwa tidak saja menjadi sorotan publik setelah pendahulunya Robert Mugabe dimakzulkan, namun juga punya andil mempromosikan batik Indonesia.
John Andhi Oktaveri | 24 November 2017 14:23 WIB
Presiden baru Zimbabwe, Emmerson Mnangagwa - Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Presiden baru Zimbabwe, Emmerson Mnangagwa tidak saja menjadi sorotan publik setelah pendahulunya Robert Mugabe dimakzulkan, namun juga punya andil mempromosikan batik Indonesia.

Dia tampak mengenakan kemeja batik ala Indonesia dalam acara-acara resmi ketika masih menjabat sebagai wakil presiden. Sebelumnya, pemimpin Afrika yang dikenal sering mengenakan batik adalah tokoh besar Afrika Selatan, mendiang Nelson Mandela.

Salah satu acara terbaru yang dihadiri Emmerson Mnangagwa saat memakai batik Indonesia adalah peresmian Pekan Turisme Internasional Zimbabwe di ibu kota Harare pada awal September tahun 2017.

"Beliau yang membuka dan beliau saat itu mengenakan batik kita (Indonesia). Kami sebagai perwakilan kedutaan diundang, kami hadir dan kami melihat beliau memakai batik ketika memberi sambutan," kata Kepala Fungsi Ekonomi KBRI di Harare, Partogi Samosir sebagaimana dikutip BBC.com, Jumat (24/11/2017).

Emmerson Mnangagwa diberhentikan sebagai wakil presiden oleh Presiden Robert Mugabe pada awal November dan pemecatan itu lantas memicu militer untuk mengambil alih kendali Zimbabwe. Ia adalah sosok yang dijagokan militer untuk menggantikan Mugabe.

Setelah dipecat Mugabe, dia mengaku keselamatan jiwanya terancam sehingga sempat melarikan diri ke Afrika Selatan dan baru kembali setelah Robert Mugabe menyatakan mundur Selasa (21/11/2017).

Pemberhentian Emmerson Mnangagwa diduga ditempuh untuk membuka jalan bagi istri Mugabe, Grace Mugabe untuk menggantikan sang suami. Semula menolak tuntutan, Mugabe akhirnya mengundurkan ketika parlemen memulai proses pemakzulan setelah berkuasa selama 37 tahun.

'Kemeja kepresidenan'

Sebelum pelantikannya sebagai presiden Jumat (24/11/2017), situs berita Zimbabwe, NewsDay, melaporkan kembalinya Mnangagwa dari Afrika Selatan atau dua hari sebelum pengambilan sumpah- dengan menampilkan foto Mnangagwa berpakaian batik.

Namun orang nomor satu di Zimbabwe itu bukanlah pejabat satu-satunya yang biasa mengenakan batik Indonesia. Partogi menyebut bahwa sebagian besar menteri kabinet di bawah mantan Presiden Robert Mugabe biasa mengenakan batik Indonesia, seperti Menteri Luar Negeri, Simbarashe Mumbengegwi, dan Menteri Perdagangan, Mike Bimha.

"Bulan lalu kami bertemu dengan menteri pertahanan dan beliau juga memakai baju batik," ujar Emmerson .

Meskipun sekitar 80% rakyat Zimbabwe hidup dalam kemiskinan, namun pangsa pasar kemeja batik terus manik. Pemakainya adalah adalah orang-orang kaya sehingga secara tak langsung batik ikut terpromosikan, terutama setelah Emmerson Mnangagwa menjabat sebagai presiden.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
batik

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top