Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Xpress Air Ingin Buka Rute Ke Tanjung Selor

Beberapa maskapai berencana membuka rute penerbangan menuju Tanjung Selor menyusul terbangunnya Bandara Tanjung Harapan, di antaranya adalah Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan Xpress Air.
Pesawat Garuda Indonesia./JIBI-Paulus Tandi Bone
Pesawat Garuda Indonesia./JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Beberapa maskapai berencana membuka rute penerbangan menuju Tanjung Selor menyusul terbangunnya Bandara Tanjung Harapan, diantaranya adalah Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan Xpress Air.

Gubernur Kaltara Irianto Lambrir mengatakan Xpress Air dikabarkan akan menggantikan Kalstar Aviation yang operasionalnya kini tengah dihentikan sementara.

Xpress Air merupakan maskapai yang berbasis di Makassar dan fokus melayani rute penerbangan menuju Indonesia Timur. Penghubung rute yang dilayani termasuk Jayapura, Sorong, Ternate, dan Makassar.

"Tapi kami masih menunggu keputusan dari Kementerian Perhubungan. Kalstar memang dihentikan sementara, tapi belum dicabut rutenya. Jadi belum ada maskapai lain yang bisa menggantikan," ujar Irianto, Minggu (29/10/2017).

Menurutnya, Xpress Air tengah mencari pesawat yang cocok untuk dioperasikan di Kaltara. Maskapai tersebut memiliki 16 unit pesawat yang sebagian bisa dioperasikan untuk bandara berlandasan pacu sedang, misalnya jenis Dornier 328-100.

Garuda Indonesia pun menyatakan kesiapannya untuk melayani rute penerbangan di Tanjung Selor dengan pesawat Bombardier. Namun maskapai pelat merah ini meminta agar landasan pacu diperpanjang.

"Untuk Garuda masih dalam tahap penjajakan, kemungkinan baru masuk tahun depan. Mereka meminta agar landasan pacu diperpanjang minimal 1.800 meter," ungkapnya.

Irianto optimistis infrastruktur perhubungan yang memadai mampu menarik minat investor dengan terbukanya akses transportasi dan logistik. Apabila landasan pacu telah memenuhi syarat, maka maskapai akan berlomba-lomba membuka rute.

Sriwijaya Air, lanjut dia, bahkan telah melakukan survey ke Bandara Tanjung Harapan untuk menindaklanjuti potensi pembukaan rute penerbangan ke ibukota Kaltara tersebut.

Saat ini, rute penerbangan menuju Tanjung Selor baru dilayani oleh Lion Air melalui Wings Air. Irianto meminta agar maskapai tersebut menambah satu penerbangan lagi, agar ada jadwal penerbangan dua kali dalam sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper