Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menpora Imam Nahrawi Baca Ikrar Sumpah Pemuda di 9 Lokasi

Hari Sumpah Pemuda yang berlangsung hari ini, Sabtu (28/10/2017), akan dirayakan Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan cara berbeda.
Menpora Imam Nahrawi/Antara-M. Agung Rajasa
Menpora Imam Nahrawi/Antara-M. Agung Rajasa

Kabar24.com, JAKARTA - Hari Sumpah Pemuda yang berlangsung hari ini, Sabtu (28/10/2017), akan dirayakan Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan cara berbeda.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi akan membacakan ikrar Sumpah Pemuda melalui video conference di 9 lokasi terpisah, di dalam dan di luar negeri. Para pemuda yang membacakan Ikrar Sumpah Pemuda dipilih dari 9 kegiatan unggulan bidang kepemudaan.

"Kemajuan teknologi hari ini memungkinkan kita untuk melakukan kembali pembacaan ikrar ini secara bersama-sama, dengan menggunakan video conference yang menguatkan sekaligus membuktikan bahwa meski kita berbeda, meski kita jauh terpisah dari timur hingga barat dan utara selatan, di dalam dan luar negeri, namun jiwa kita masih sama, Indonesia," kata Menpora Imam Nachrawi saat memimpin pembacaan Ikrar Sumpah Pemuda tersebut seperti diterima, Sabtu (28/10/2017).

Menurut Imam, Kemenpora akan terus menyerukan dan menggelorakan semangat berani bersatu terutama di kalangan anak muda. Sembilan pemuda yang dipilih tersebut berasal dari pemuda magang di Turki, pemuda lintas agama di Merauke, Papua, peserta Kirab Pemuda di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat.

Ada juga juga peserta Kirab Pemuda di Ternate, Maluku Utara, peserta Pemuda Tani di Bulukumba,Sulawesi Selatan, Pemuda Manufaktur di Sleman, Yogyakarta, Pemuda Antinarkoba di Tangerang,Banten, Pemuda Mandiri Membangun Desa di Mojokerto, Jawa Timur, dan Pemuda Pelopor di lokasi pemberian penghargaan Kota Layak Pemuda di Padang, Sumatera Barat. Acara tersebut dihadiri oleh 200 perwakilan OKP, 200 pemuda difabel dan 55 pemuda Konsultasi, kalangan atlit dan masyarakat.

Menpora Imam menegaskan, di Hari Sumpah Pemuda tahun ini, berbagai kemudahan yang dimiliki pemuda justru membuat bangsa ini lebih sering berselisih paham, mudah memvonis orang, mudah sekali berpecah belah, saling mengutuk satu dengan yang lain, menebar fitnah dan kebencian.

Imam Nachrawi memandang seakan pemuda dipisahkan oleh jarak yang tak terjangkau, atau berada di ruang isolasi yang tidak terjamah, atau terhalang oleh tembok raksasa yang tinggi dan tebal hingga tidak dapat ditembus oleh siapapun.

Seharusnya dengan kemudahan teknologi dan transportasi, membuat anak muda lebih mudah berkumpul, bersilaturahmi, dan berinteraksi sosial.

" Seharusnya tidak ada ruang untuk salah paham apalagi membenci, karena semua hal dapat kita konfirmasi dan kita klarifikasi hanya dalam hitungan detik," kata Imam di pidato Sumpah Pemuda 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper