Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILGUB JABAR 2018: PDIP Umumkan Paslon November 2017

PDIP berencana mengumumkan pasangan cagub dan cawagub Pilgub Jabar pada November 2018.
Hasto Kristiyanto/Antara
Hasto Kristiyanto/Antara

Kabar2.com, BANDUNG--PDIP berencana mengumumkan pasangan cagub dan cawagub Pilgub Jabar pada November 2018.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya belum terburu-buru menetapkan pasangan calon karena menunggu momentum yang tepat.

"Kami berencana mengumumkan pasangan calon pada November nanti," katanya di sela Curah Gagasan PDIP di Hotel Horison, Bandung, Rabu (25/10/2017).

Menurutnya setelah menetapkan pasangan calon untuk Jawa Timur dan Sulawesi Selatan pihaknya dalam waktu dekat akan mengumumkan cagub dan cawagub Bali.

"Setelah itu kami ke Maluku Utara dan Papua, lalu bergeser lagi ke Jawa, Jawa Barat salah satunya," paparnya.

Dia menampik penetapan pasangan calon untuk Jabar pada last minute seperti DKI Jakarta beberapa waktu lalu. "Tidak (last minute) Jawa Barat setelah Papua dan Maluku Utara.

Momentum politiknya kami cermati, kita lihat aspek tata ruang yang tidak bagus dampak pengelolaan lingkungan yang tidak baik menyebabkan banjir, itu jadi pertimbangan kami menetapkan," tuturnya.

Menurutnya PDIP mencermati nama-nama yang beredar dan hadir dalam acara curah gagasan dan tidak semata-mata memprioritaskan elektabilitas calon.

"Kami mencermati pemilih Jabar yang kerap berubah di saat-saat terakhir bahwa Pilkada bukan sekedar kontetasi, pilkada itu adalah bangunan masa depan yang kami siapkan, jadi pasangan yang kami usung sudah paham," katanya.

Penetapan sendiri akan didasari dua mekanisme yang ditempuh pihaknya. Pertama dari usulan daerah berupa penjaringan yang menghasilkan nama Sekda Jabar Iwa Karniwa, Puti Guntur Soekarno, Soetrisno dan Abdy Yuhana.

Lalu kedua PDIP melakukan pemetaan politik sejumlah tokoh seperti Deddy Mizwar, Dedi Mulyadi hingga Anton Charliyan. "Mereka semua sekarang dalam posisi politik yang sama," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper