Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantan Bek AC Milan Kakha Kaladze Kandidat Walikota Georgia

Kakha Kaladze telah mendaki ke puncak dunia sepak bola sebagai pemain bertahan untuk klub Italia AC Milan, dan kini kariernya berubah haluan: ia ingin menjadi walikota untuk ibukota negara kelahirannya, Georgia.
Kakha Kaladze /Football Times
Kakha Kaladze /Football Times

Bisnis.com, TBILISI -  Kakha Kaladze telah mendaki ke puncak dunia sepak bola sebagai pemain bertahan untuk klub Italia AC Milan, dan kini kariernya berubah haluan: ia ingin menjadi walikota untuk ibukota negara kelahirannya, Georgia.

Kaladze, yang kini telah berusia 39 tahun dan merupakan kandidat untuk partai Impian Georgia yang sedang berkuasa, memiliki keunggulan atas tujuh kandidat lainnya di mana ia merupakan salah satu sosok paling dikenal di bekas negara jajahan Soviet tersebut.

Ia mengatakan kepada Reuters setelah acara kampanye bahwa ia menilai kariernya di olahraga merupakan persiapan yang bagus untuk politik. Hal itu mengajarinya mengenai kerja tim.

"Setiap kali ketika saya berbicara mengenai kesuksesan di politik atau olahraga, saya menyadari betapa pentingnya untuk memiliki tim yang profesional," tuturnya.

Kaladze memiliki lebih dari 30 persen dukungan di antara para pemilik suara, kata Institut Demokrasi Nasional pada laporannya bulan ini -- lebih banyak daripada para kandidat lainnya.

Saingan terdekatnya kemungkinan adalah Zaal Udumashvili, mantan pembaca berita televisi yang mewakili Pergerakan Persatuan Nasional, partai oposisi. Hasilnya mungkin harus ditentukan dalam dua putaran.

Sejumlah pemilik suara memandang Kaladze sebagai favorit, terutama karena ia mendapat dukungan Bidzina Ivanishvili, pendiri Partai Impian Georgia sekaligus orang terkaya di Georgia.

"Saya yakin Kaladze akan terpilih sebagai walikota," kata Nugzar Malkhazashvili, dokter berusia 47 tahun dan penduduk ibukota Georgia, Tbilisi.

Karier sepak bola Kaladze mencakup masa kerja di klub Ukraina Dynamo Kyiv, kemudian satu periode di AC Milan di mana saat itu klub tersebut sempat satu kali menjuarai Liga Italia dan dua kali menjuarai Liga Champions. Ia mengakhiri kariernya di klub Italia lain, Genoa, sebelum pensiun pada 2011.

Kaladze juga merupakan pengusaha sukses, ia memiliki banyak investasi di Georgia, Ukraina, Italia, dan Kazakhstan.

Ia memasuki dunia politik pada tahun ia gantung sepatu, menjadi pendukung aktif Ivanishvili. Ia bertugas sebagai menteri energi dan deputi perdana menteri pada pemerintahan yang didominasi oleh sekutu Ivanishvili.

Pada pertarungan untuk menjadi walikota ibukota Georgia ia telah berjanji untuk memecahkan masalah kemacetan dengan membangun jalan-jalan dan jembatan-jembatan baru, meningkatkan kelestarian lingkungan dengan membangun taman-taman dan jalur hijau yang baru, dan mengatasi masalah di bidang pendidikan dan kesehatan.

Ia mengatakan dirinya telah menatap melampaui pemungutan suara dan fokus pada bagaimana ia akan memenuhi janji-janjinya.

"Saya tidak melihat (hari pemilihan) 21 Oktober sebagai masalah. Saya mengantisipasi kesulitan-kesulitan setelah 21 Oktober. Kami akan memiliki tantangan-tantangan serius, namun saya harap kami akan mengatasi semua rintangan yang sulit."


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA/REUTERS

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper