Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gus Ipul-Azwar Anas Diusung PDIP di Pilgub Jatim

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan resmi mengusung Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas sebagai calon gubernur dan wakil gubernur dalam pemilihan kepala daerah Jawa Timur.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 15 Oktober 2017  |  11:20 WIB
Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi (kanan) menerima pengembalian formulir bakal calon Gubernur Jatim dari Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (kiri) di kantor DPD PDIP Jatim, Surabaya, Jawa Timur, Senin (3 - 7).ANTARA/Zabur Karuru
Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi (kanan) menerima pengembalian formulir bakal calon Gubernur Jatim dari Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (kiri) di kantor DPD PDIP Jatim, Surabaya, Jawa Timur, Senin (3 - 7).ANTARA/Zabur Karuru

Kabar24.com, JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan resmi mengusung Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas sebagai calon gubernur dan wakil gubernur dalam pemilihan kepala daerah Jawa Timur. Hal tersebut diumumkan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Megawati mengatakan keduanya dipilih PDIP karena dinilai memiliki rekam jejak yang baik. "Gus Ipul ini mendapat banyak penghargaan, saya sudah kenal lama banget," kata dia di kantor DPP PDIP, Minggu, 15 Oktober 2017. Gus Ipul adalah Wakil Gubernur Jawa Timur saat ini.

Sedangkan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dinilai sebagai sosok yang cerdas dan lincah. "Dia betul-betul menjalankan konsep trisaksi Bung Karno," kata Megawati.

Sebelum mengumumkan pasangan ini, Megawati telah memanggil sejumlah kader dan tokoh yang erat dengan Jawa Timur kemarin. Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk memfinalisasi pembahasan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung oleh PDIP.

Megawati mengatakan bahwa pilihan PDIP jatuh kedua tokoh tersebut karena mereka dianggap memiliki kualitas dan kapabilitas dalam menjalankan Amanat rakyat Jawa Timur.

"Karena itulah kami menentukan pilihan kepada kedua tokoh ini," paparnya.

Syaifulah Yusuf atau Gus Ipul merupakan Wakil Gubernur Jawa Timur saat ini berpasangan dengan Soekarwo atau Pakde Karwo.

Sementara itu Abdullah Azwar Anas merupakan Bupati Banyuwangi yang dikenal berhasil memajukan sektor pariwisata di daerah Paling timur Provinsi Jawa Timur ini.

Pengamat sosial politik Universitas Airlangga Surabaya Novri Susan sebelumnya telah menilai pasangan ini akan menjadi pasangan calon yang kuat dalam pilgub Jawa Timur. Keduanya dinilai sebagai pasangan nasionalis-religus yang dibutuhkan.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pilgub jatim

Sumber : Tempo.co

Editor : Fajar Sidik
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top