Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jabar Tetapkan Status Siaga Banjir, Aher Klaim Logistik Aman

Dan saya sering bilang Jabar itu aman soal logistik. Saya sadar penduduk Jabar itu banyak. Sebanyak 3.200 ton beras ada, Insha Allah bencana di mana pun Insha Allah mitigasi bencana siap, katanya.
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan /Antara-Agus Bebeng
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan /Antara-Agus Bebeng

Kabar24.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera menetapkan status siaga terhadap bencana banjir dan longsor tahun 2017 dan saat ini sedang dilakukan evaluasi terhadap penetapan status siaga kekeringan yang sudah ditetapkan pada Agustus.

"Perkiraan kita kekeringan itu akan sampai Oktober, tapi di akhir September sudah mulai hujan dan pada awal Oktober sudah banyak hujannya, nanti kita evaluasi status yang lama kemudian kita hadirkan siaga bencana banjir dan longsor," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, usai menghadiri Pertemuan dengan Delegasi Bisnis Timur Tengah (peserta Indonesia Middle East Update 2017) di Gedung Sate Bandung, Senin.

Ia mengatakan jika di sebuah kabupaten/kota terjadi bencana alam dan langsung bisa ditangani oleh BPBD atau pihak terkait maka tidak diperlukan penetapan status siaga atau darurat bencana.

Menurut dia setiap tahunnya Pemprov Jawa Barat mengalokasikan anggaran Rp75 miliar dana tak terduga untuk kepentingan penanganan bencana alam.

"Dan saya sering bilang Jabar itu aman soal logistik. Saya sadar penduduk Jabar itu banyak. Sebanyak 3.200 ton beras ada, Insha Allah bencana di mana pun Insha Allah mitigasi bencana siap," kata pria yang kerap disapa Aher.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Dicky Saromi mengatakan BPBD Jabar bersama BPBD Pangandaran telah melakukan berbagai upaya penanganan korban bencana banjir dan longsor.

Upaya yang dilakukan di antaranya mendirikan tenda untuk tempat penampungan sementara dan mendirikan dapur umum.

"BPBD Jabar telah mengirimkan bantuan berupa makanan instan siap saji, selimut, dan perlengkapan lainnya. Saat ini, kami masih terus di lokasi untuk mendata terus jumlah korban dan berbagai kebutuhan yang diperlukan semua korban bencana," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper