RI Sarankan Arab Perbaiki Infrastruktur Haji di Mina

Pemerintah menyarankan kepada Pemerintah Arab Saudi untuk meningkatkan daya tampung dan memperbaiki infrastrukur di Mina untuk pelaksanaan haji tahun mendatang.
Irene Agustine | 27 September 2017 14:56 WIB
Ratusan ribu jemaah haji Indonesia memadati hamparan luas Muzdalifah usai melaksanakan Wukuf di Arafah. - kemenag.go.id

Kabar24.com, JAKARTA -- Pemerintah menyarankan kepada Pemerintah Arab Saudi untuk meningkatkan daya tampung dan memperbaiki infrastrukur di Mina untuk pelaksanaan haji tahun mendatang.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin mencatat beberapa tantangan yang harus ditingkatkan terkait pelaksanaan haji 2017 agar pelaksanaan pada tahun mendatang lebih baik. Yang paling utama, adalah perbaikan infrastruktur di Mina.

Saat ini, Lukman mengatakan perluasan sudah dilakukan di sejumlah tempat, seperti Masjidil Haram, Masjid Nabawi, serta wilayah Madinah dan Arafah.

"Tinggal di Mina, karena memang Mina itu adalah daerah yang sangat terbatas secara ketentuan agama memang tidak bisa diperluas ke samping karena perluasan itu harus ke atas," katanya, saat ditemui di Kantor Wakil Presiden, Rabu (27/9/2017).

Lukman menyarakan pemerintah Saudi agar mempertimbangkan untuk meningkatkan jumlah tenda dan menambah toilet yang ada di Mina dengan perluasan ke atas atau bentuk bertingkat.

"Sehingga seluruh jamaah tidak lagi berdesak-desakan di Mina," ujarnya.

Lukman mengatakan peningkatan infrastruktur di Mina merupakan hal yang utama agar pelaksanaan haji berjalan efektif bagi jamaah haji asal Indonesia, disamping hal penambahan kota haji.

"Karena kalau menuntut untuk tambah kuota sementara Mina tidak dipersiapkan dengan baik itu justru akan menimbulkan hal-hal yang mengkhawatirkan, yang tidak kita harapkan," ujarnya.

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top