SUTET 500 kV Jalur Utara Jawa Section II Mulai Dibangun di Ungaran

PT PLN (Persero) memulai pembangunan saluran udara tegangan ekstra tinggi atau SUTET 500 kV jalur utara Jawa yang merupakan Tower ke-11 berlokasi di Desa Gebugan Kecamatan Bargas, Kabupaten Semarang.
Pamuji Tri Nastiti | 20 September 2017 19:59 WIB
Sejumlah pihak terkait pembangunan SUTET 500 kV di Kabupaten Semarang memulai upacara simbolis peletakan batu pertama, Rabu (20/9/2017). - Pamuji Tri Nastiti

Bisnis.com, SEMARANG – PT PLN (Persero) memulai pembangunan saluran udara tegangan ekstra tinggi atau SUTET 500 kV jalur utara Jawa yang merupakan Tower ke-11 berlokasi di Desa Gebugan Kecamatan Bargas, Kabupaten Semarang.

Pembangunan sektor ketenagalistrikan tersebut merupakan bagian dari pencanangan pemerintah melalui Program 35.000 Mega Watt (MW), khususnya section II jalur Ungaran-Batang.

General Manager PLN Unit Induk Jawa Bagian Tengah II (UIP JBT II) Amihwanuddin mengungkapkan langkah merealisasikan proyek 35.000 MW dari pemerintah bukan hanya melalui proyek pembangkit listrik, tetapi harus selaras dengan ketersediaan jaringan transmisi dan Gardu Induk.

”Tugas kami di PLN UIP JBT II ini adalah melaksanakan pembangunan transmisi dan gardu induk untuk jalur ttara Jawa dengan tepat waktu, sehingga pada saatnya pembangkit listrik beroperasi, daya dapat dievakuasi menuju ke pusat beban pada pelanggan,” ujarnya, Rabu (20/9/2017).

Secara teknis, tapak tower yang akan dibangun untuk SUTET 500 kV memerlukan lahan antara 784 hingga 1600 meter persegi menyesuaikan tipe tower. Ukuran ketinggiannya sekitar 50 hingga 78 meter dengan jarak antar-tower 450 – 500 meter.

Turut hadir menyaksikan grounbreaking di lokasi antara lain stakeholder terkait meliputi jajaran Pemerintah Daerah, unsur Kejaksaan, Kepolisian dan TNI, juga pihak perbankandan perusahaan kontraktor pelaksana pekerjaan lapangan.

Diketahui, pada Rabu (19/9) kemarin, PLN juga telah memulai pembangunan tegangan gardu induk ekstra tinggi (GITET) Cibatu Baru di kawasan industri Deltamas, Bekasi Jawa Barat yang juga akan mendapatkan suplai listrik dari jalur SUTET yang akan dibangun di Ungaran ini.

Tag : pln
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top