BNI Luncurkan TapCash e-port di Pelabuhan Benoa

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk meluncurkan kartu TapCash e-port di Pelabuhan Benoa setelah sebelumnya merilis kartu non tunainya untuk Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya.
Ni Putu Eka Wiratmini | 19 September 2017 20:30 WIB
Komisaris Utama Pelindo III Hari Bowo (kiri) menerima kartu TapCash e/port dari Pemimpin BNI Kantor Wilayah Bali NTB & NTT Putu Bagus Kresna (kanan).

Kabar24.com, DENPASAR – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk meluncurkan kartu TapCash e-port di Pelabuhan Benoa setelah sebelumnya merilis kartu non tunainya untuk Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya.

Pemimpin BNI Kantor Wilayah Bali NTB & NTT Putu Bagus Kresna mengatakan peluncuran TapCash e-port ini merupakan hasil kerja sama BNI bersama Pelindo III. Kata dia, kerja sama ini merupakan rangkaian tindak lanjut dari Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Implementasi Sistem Pembayaran Elektronik di Pelindo III di Semarang (2/8) lalu.

Dirinya mengharapkan lewat kerja sama ini, semua pelabuhan Pelindo III dapat menerapkan transaksi non tunai.

“Pelindo III memiliki 43 pelabuhan dan 17 cabang, semoga ke depan bisa dipakai di semua pelabuhannya,” katanya, Selasa (19/9/2017).

Kata dia, kerja sama ini merupakan bentuk dukungan BNI terhadap program Bank Indonesia (BI) yang menggagas Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dan Pelindo III dalam hal penggunaan Uang Elektronik. Penggunaan Kartu TapCash E-Port ini diharapkan mampu mengurangi antrian saat pembayaran di gerbang masuk ke pelabuhan.

Hingga saat ini, ada sekitar 15.000 kendaraan yang keluar masuk gerbang pelabuhan Benoa setiap harinya, mulai dari truk hingga kendaraan roda dua. Mereka merupakan target pengguna E-Port pada tahap awal.

“Kartu ini juga lebih efisien karena tidak perlu menyiapkan uang kembalian, dan seluruh transaksi dapat terekam dengan baik,” jelasnya.

Kartu E-Port dapat dipergunakan sebagai alat bayar, alat transaksi, dan identitas para pengguna Jasa Kepelabuhanan di lingkungan Pelindo III antara lain seperti penggunaan di Gerbang Masuk pelabuhan, transaksi di tenant-tenant yang ada di pelabuhan, pembelian tiket transportasi, dan alat identifikasi bagi pengguna truk.

Tag : pelabuhan benoa, bank bni
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top