INFO HAJI 2017: Kloter Terakhir Diberangkatkan Sabtu Pagi (26/8)

Jamaah calon haji kelompok terbang (Kloter) terakhir dari embarkasi Bekasi Jawa Barat bertolak ke Arab Saudi, pada pagi ini, Sabtu (26/8/2017)
Nurudin Abdullah | 26 Agustus 2017 23:02 WIB
Suasana jamaah haji di luar Masjidil Haram, Mekkah. - Istimewa/Kemenag

Bisnis.com, JAKARTA-Jamaah calon haji Indonesia kelompok terbang (Kloter) terakhir dari embarkasi Bekasi Jawa Barat telah bertolak ke Arab Saudi, pada pagi ini, Sabtu (26/8/2017).

Keberangkatan Kloter 96 yang dilepas Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat (Jabar), A. Buchori, dari Asrama Haji Bekasi, merupakan kloter gabungan dari sejumlah kabupaten/kota di Jawa Barat berjumlah 320 orang.

“Adapun total jamaah haji asal Jawa Barat seluruhannya berjumlah 39.329 orang, yang terdiri dari 38.593 orang jamaah, dan 480 orang petugas haji kloter, yaitu TPHI, TPIHI, dan PKHI, serta 256 orang adalah TPHD,” katanya, Sabut (26/8/2017).

Menurutnya, dari total kuota jamaah haji Jawa Barat yang berangkat tahun ini, calon jamaah yang tertunda keberangkatannya karena sejumlah alasan jumlahnya jauh menurun di banding tahun sebelumnya.

Jamaah calon haji yang tertunda keberangkatannya, disebabkan antara lain pasangan suami isteri yang isterinya hamil, jumlahnya turun dibanding tahun lalu yakni total seat yang tidak terisi 0,25% atau 92 jamaah di bawah tahun lalu 1,2%.

Dia dalam situs resmi Kementerian Agama, mengatakan jamaah calon haji asal Jabar telah diberangkatkan dengan lancar, jika pun ada kendala dalam proses keberangkatannya masih dalam batas toleransi dan dengan mudah bisa diatasi.

Sementara itu, Kasubbag Humas Kanwil Kemenag Jabar, Ahmad Sidiq, menjelaskan kepulangan pertama jamaah haji asal Jawa Barat dari Tanah Suci dijadwalkan mulai 7 September 2017 yaitu dari Kloter 1 jamaah haji asal Kabupaten Cianjur.

Tag : Ibadah Haji
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top