Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INFO HAJI 2017: Arab Saudi Atur Mekanisme Pembayaran Dam

Pemerintah Arab Saudi akan menerapkan aturan baru tentang mekanisme pembayaran atau penyembelihan Dam (denda) bagi para jamaah haji mulai tahun ini.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 16 Agustus 2017  |  15:36 WIB
Jemaah haji menunaikan salat fardhu di Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi - Reuters/Amr Abdallah Dalsh
Jemaah haji menunaikan salat fardhu di Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi - Reuters/Amr Abdallah Dalsh

Bisnis.com, JAKARTA- Pemerintah Arab Saudi akan menerapkan aturan baru tentang mekanisme pembayaran atau penyembelihan Dam (denda) bagi para jamaah haji mulai tahun ini.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Ahmad Dumyathi Basori, mengatakan jamaah pembayaran atau penyembelihan Dam itu harus dilakukan di tempat-tempat resmi yang telah ditetapkan pemerintah Arab Saudi.

“Dilarang melakukan pembayaran dan penyembelihan hewan Dam secara individu dan langsung di pasar hewan,” katanya dalam situs resmi Kementerian Agama, Rabu (16/8/2017).

Menurutnya, PPIH mendapatkan informasi tentang kebijakan baru Pemerintah Arab Saudi tersebut dari Muassasah Asia Tenggara, yang isinya melarang penyembelihan Dam kecuali di tempat resmi yakni majazir al-masyru.

Adapun bagi koordinator yang terbukti membawa jemaah haji untuk melakukan penyembelihan Dam/kurban di luar tempat resmi, lanjutnya, akan dibawa ke lembaga investigasi dan penuntutan umum.

Dia menjelaskan tempat resmi pembayaran atau penyembelihan Dam yang dimaksudkan Pemerintah Arab Saudi antara lain dikelola oleh Islamic Development Bank (IDB), atau sejumlah bank yang sudah ditunjuk pemerintah.

Untuk itu, imbuhnya, PPIH segera mensosialisasikan kebijakan baru itu kepada para jemaah, dan juga berkoordinasi dengan pihak IDB untuk mendapatkan penjelasan terkait teknis pelaksanaan pembayaran Dam bagi jemaah haji Indonesia.

Menurut catatan Bisnis.com, sesuai anjuran pemerinah, hampir seluruh jamaah calon haji Indonesia melaksanakan haji tamattu’sehingga berkewajiban membayar Dam dengan cara menyembelih seekor kambing yang sah untuk hewan kurban.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

idb Ibadah Haji
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top