Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Basofi Sudirman Meninggal: Dimakamkan Siang Ini di San Diego Hills

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf ada di antara pelayat, Selasa (8/8/2017), melepas jenazah Basofi Soedirman menuju pemakaman dari rumah duka di Taman Komplek IAPCO Nomor 24 Jalan Kemang Timur Raya, Jakarta Selatan.
Basofi Sudirman dirawat di rumah sakit/Istimewa
Basofi Sudirman dirawat di rumah sakit/Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA -- Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf ada di antara pelayat, Selasa (8/8/2017), melepas jenazah Basofi Soedirman menuju pemakaman dari rumah duka di Taman Komplek IAPCO Nomor 24 Jalan Kemang Timur Raya, Jakarta Selatan.

"Saya pribadi dan mewakili Gubernur Jatim Soekarwo menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya atas wafatnya Bapak Basofi Soedirman. Selamat jalan, semoga seluruh jasa dan amal baiknya diterima Allah SWT," kata Saifullah saat menyampaikan sambutan dalam prosesi pelepasan jenazah.

Dalam prosesi itu, perwakilan keluarga menyerahkan jenazah Basofi ke Inspektur Upacara, Asisten Logistik (Aslog) Panglima TNI, Mayor Jenderal TNI Gadang Pambudi.

Jenazah Basofi akan dimakamkan secara militer di tempat pemakaman San Diego Hills di Karawang, Jawa Barat.

Saifullah mengatakan, Basofi berjasa dalam menyejahterakan masyarakat Jawa Timur menurut siaran pers pemerintah provinsi Jawa Timur.

Ia menyebut gubernur Jawa Timur periode 1993-1998 bernama lengkap Mayjen TNI (Purn) Mochammad Basofi Soedirman sebagai multitalenta, piawai berpolitik, ahli birokrasi, dan berjiwa wirausaha.

Sebelum menjadi Gubernur Jawa Timur, Basofi pernah menjabat Ketua DPD Golkar DKI dan semasa berkarir di militer pria kelahiran Bojonegoro 20 Desember 1940 itu antara lain pernah menjabat sebagai Kasdam Kodam I/Bukit Barisan (1986-1987).

Saifullah, yang sering disapa Gus Ipul, mengatakan Basofi antara lain mewariskan program "kembali ke desa" yang sampai sekarang masih relevan.

"Program tersebut mengandung semangat pemerataan pembangunan, jadi pembangunan tidak hanya dilakukan di kota-kota besar saja, tapi juga dilakukan di desa-desa sampai pelosok paling terpencil. Itulah semangat almarhum yang kami teruskan, kembangkan, dan kami inovasikan," katanya.

Gus Ipul mendoakan keluarga Basofi agar diberi ketabahan, kesabaran, dan keikhlasan.

"Kami doakan semoga Ibu Basofi Soedirman, dan segenap keluarga bisa sabar, diberi kekuatan oleh Allah SWT untuk meneruskan cita-cita almarhum. Tentunya harapan kami Ibu sekeluarga juga dikaruniai kesehatan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper