Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Telekomunikasi & Penjualan Rumah Dorong Laba Perusahaan Miliarder Ini

Dua perusahaan terbesar milik Li Ka-shing melaporkan laba yang lebih tinggi selama paruh pertama tahun ini, didorong oleh keuntungan dari bisnis telekomunikasi di Eropa dan melonjaknya penjualan rumah di Hong Kong.
Li Ka Shing/Reuters
Li Ka Shing/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Dua perusahaan terbesar milik Li Ka-shing melaporkan laba yang lebih tinggi selama paruh pertama tahun ini, didorong oleh keuntungan dari bisnis telekomunikasi di Eropa dan melonjaknya penjualan rumah di Hong Kong.

Dikutip dari Bloomberg (Jumat, 4//8/2017), CK Hutchison Holdings Ltd, dengan beragam bisnis mulai dari layanan telepon hingga ritel dan utilitas, melaporkan kenaikan laba bersih sebesar 7% menjadi HK$15,9 miliar (US$2 miliar), sedikit di bawah perkiraan rata-rata tiga analis dalam survei Bloomberg.

Sementara itu, Cheung Kong Property Holdings Ltd. mencatatkan kenaikan underlying profit sebesar 14% menjadi HK$9,5 miliar.

Hasil itu serta merta menunjukkan lebih banyak kemajuan yang diraih miliarder asal Hong Kong tersebut, ditopang oleh pertumbuhan ekonomi di Eropa serta meningkatnya penjualan properti. Aset Li Ka-shing dikabarkan meningkat US$5,8 miliar tahun ini.

Tidak hanya dikenal sebagai orang terkaya di Hong Kong, pria berusia 89 tahun itu juga diketahui sebagai orang dengan nilai kekayaan terbesar kedua di Asia.

Meski demikian, ia cenderung berhati-hati untuk optimistis tentang masa mendatang di tengah risiko geopolitik yang terus berlanjut dan ketidakpastian mengenai harga komoditas.

Di CK Hutchison, Li mendapatkan keuntungan dari pemulihan ekonomi di kawasan Eropa yang jadi sasaran ekspansinya. Pekan lalu, perusahaannya setuju untuk membeli perusahaan asal Jerman, Ista International GmbH, senilai US$5,3 miliar.

Sementara itu, laba Cheung Kong Property Holdings Ltd., yang direncanakan akan berubah nama menjadi CK Asset Holdings Ltd. pasca diversifikasi dari real estat, ditopang oleh booming penjualan rumah di Hong Kong.

Wall Street Journal sebelumnya melaporkan bahwa miliarder Li Ka-shing kemungkinan akan pensiun dari posisinya sebagai chairman CK Hutchison Holdings Ltd. pada tahun depan, tepat di hari jadinya yang ke-90.

Putra sulungnya, Victor Li, dikabarkan akan mewarisi kerajaan bisnis, mulai dari telekomunikasi hingga ritel dan pelabuhan, di lebih dari 50 negara di dunia.

Saat ini Victor menjabat sebagai deputy chairman CK Hutchison dan Cheung Kong Property Holdings Ltd. Dia juga bertindak sebagai chairman pada unit kelompok CK Infrastructure Holdings Ltd. (CKI) dan CK Life Sciences Int'l Holdings Inc.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper