Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tekan Biaya Energi, Holcim Bangun Fasilitas Pengolahan Limbah

PT Holcim Indonesia Tbk akan membangun fasilitas pengelolaan limbah perkotaan di Cilacap Jawa Temgah yang bakal menjadi pengganti bahan bakar turunan sebagai salah satu upaya meningkatkan efisiensi biaya-biaya.
Holcim Indonesia/Holcim.co.id
Holcim Indonesia/Holcim.co.id

Bisnis.com, SURABAYA - PT Holcim Indonesia Tbk akan membangun fasilitas pengelolaan limbah perkotaan di Cilacap Jawa Temgah yang bakal menjadi pengganti bahan bakar turunan sebagai salah satu upaya meningkatkan efisiensi biaya-biaya.

CEO Holcim, Gary Schutz mengatakan pengembangan fasilitas tersebut merupakan proyek kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Perhutanan, serta Pemerintah Denmark. "Proyek pengolahan limbah ini diharapkan bisa selesai pada 2018," katanya dalam siaran pers, Senin (31/7/2017).

Dia menjelaskan, fasilitas pengolahan atau Municipal Solid Waste tersebut bakal mengolah hingga 120 ton limbah domestik per hari dengan metode bio-drying, dan menjadi pengganti bahan bakar pada produksi semen Holcim di Cilacap.

"Proyek ini juga diharapkan dapat menjadi percontohan untuk mengatasi masalah limbah perkotaan dan menciptakan nilai tambah untuk pelestarian lingkungan di Indonesia," imbuhnya.

Gary memaparkan, di tengah kondisi pasar yang dinamis dan tidak seimbangnya antara pasokan yang berlebih terhadap permintaan, kinerja Holcim Indonesia juga turut terdampak perlambatan akitvitas konstruksi terutama pada saat bulan Ramadan di kuartal kedua.

Hal ini menyebabkan perusahaan mengalami penurunan penjualan sebesar 10% menjadi Rp4,288 milyar. Namun begitu perseroan telah mencapai penurunan biaya-biaya hingga 2% yang mencerminkan keberhasilan perusahaan dalam melaksanakan program-program efisiensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper