Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

CPNS KEMENKUMHAM: Ini Tata Cara Pendaftaran di http://sscn.bkn.go.id

Tahapan pendaftaran yang akan dilakukan secara online dan terpusat di portal resmi http://sscn.bkn.go.id tersebut, akan dimulai pada 1 Agustus hingga 26 Agustus 2017.
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 27 Juli 2017  |  16:30 WIB
CPNS KEMENKUMHAM: Ini Tata Cara Pendaftaran di http://sscn.bkn.go.id
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA - Setelah melewati tahap sosialisasi atau pengumuman penerimaan dari 1 Juli hingga 31 Juli 2017, proses rekruitmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di dua lembaga yakni Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan Mahkamah Agung (MA) segera memasuki tahap pendaftaran.

Tahapan pendaftaran yang akan dilakukan secara online dan terpusat di portal resmi http://sscn.bkn.go.id tersebut, akan dimulai pada 1 Agustus hingga 26 Agustus 2017.

"Pendaftaran online hanya bisa dilakukan di portal resmi, http://sscn.bkn.go.id. Portal-portal resmi yang selama ini ikut mengumumkan penerimaan CPNS di dua lembaga/kementerian tersebut, tidak melayani proses pendaftaran online. Jadi kami tegaskan, pendaftaran online wajib dilakukan di portal http://sscn.bkn.go.id," kata Public Relation Officer Badan Kepegawaian Negara, Diah Eka Palupi kepada Bisnis.

Berikut ini tata cara pendaftaran CPNS di lingkungan Kemenkumham:

1. Pelamar dengan Kualifikasi Pendidikan Dokter Spesialis, Dokter Umum dan Sarjana/S-1:
a. Dokumen persyaratan terdiri dari:
1.Surat lamaran ditujukan kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta, diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp.6.000, dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format Surat Lamaran dapat diunduh di laman : https://sscn.bkn.go.id)
2.Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau Surat Keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
3. Apabila domisili pelamar tidak sesuai dengan alamat KTP, yang bersangkutan harus membuat surat keterangan dari Lurah/Kepala Desa yang menyatakan bahwa yang bersangkutan telah berdomisili di tempat tersebut minimal 1 tahun.
4.Ijazah dan Transkrip Nilai Ijazah Asli.
5.Surat pernyataan harus diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp.6.000, dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format Surat Lamaran dapat diunduh di laman https://sscn.bkn.go.id)
6.Pas photo berlatar belakang warna merah berukuran 3 x 4 (1 lembar)
b. Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilakukan secara online melalui laman https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).
c. Batas waktu pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai pada tanggal 1 Agustus 2017 sampai dengan 31 Agustus 2017 (ditutup pukul 23.59 WIB)
d.Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi adsministrasi dapat mencetak kartu tanda peserta ujian secara online melalui laman https://sscn.bkn.go.id dimulai pada tanggal 6 September 2017 sampai dengan 9 September 2017.

2. Pelamar dengan Kualifikasi Pendidikan Diploma III/D-III dan SLTA/Sederajat
a. Dokumen persyaratan terdiri dari :
1.Surat lamaran ditujukan kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta, diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp.6.000, dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format Surat Lamaran dapat diunduh di laman https://sscn.bkn.go.id)
 2.Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
3.Apabila domisili pelamar tidak sesuai dengan alamat KTP, yang bersangkutan harus membuat surat keterangan dari Lurah/Kepala Desa yang menyatakan bahwa yang bersangkutan telah berdomisili ditempat tersebut minimal 1 tahun.
4.Fotokopi Ijazah / STTB dan Daftar Nilai pada Ijazah / STTB.
5.Fotokopi Ijazah SD, Ijazah SLTP, dan Ijazah SLTA sebagai bukti pelamar menamatkan sekolah di wilayah Papua dan Papua Barat atau Asli Surat keterangan dari kelurahan / kepala desa yang menerangkan bahwa pelamar asli dari Papua berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak) asli dari Papua Khusus untuk pelamar Putra/putri Papua dan Papua Barat.
6.Surat pernyataan harus , diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp.6.000, dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format Surat Lamaran dapat diunduh di laman https://sscn.bkn.go.id)
7.Pas photo berlatar belakang warna merah berukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar.
8. Lembar bukti pendaftaran yang dicetak dari laman https://sscn.bkn.go.id

b.Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilakukan secara online melalui laman : http://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).
c.Pendaftaran Online dimulai pada tanggal 1 Agustus 2017 s.d 26 Agustus 2017 (ditutup pukul 23.59 WIB)
d.Setelah mendapatkan kartu pendaftaran, pelamar mengirimkan berkas lamaran sesuai persyaratan pelamaran melalui PO.BOX dari masing-masing Kantor Wilayah yang dituju (daftar PO.BOX terlampir).
e.Batas waktu penerimaan berkas lamaran pada PO.BOX paling lambat diterima pada tanggal 31 Agustus 2017 pukul 16.00 waktu setempat.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendaftaran cpns
Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top