Lebaran Betawi, Ribuan Warga Akan Padati Setu Babakan

Ribuan warga Jakarta dan dari daerah sekitarnya diperkirakan akan memadati kawasan Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada 28-30 Juli 2017 untuk merayakan acara Lebaran Betawi
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 19 Juli 2017  |  16:08 WIB
Lebaran Betawi, Ribuan Warga Akan Padati Setu Babakan
Pintu gerbang Kawasan Perkampungan Budaya Betawi, Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. - kemdikbud.go.id

Bisnis.com, JAKARTA-Ribuan warga Jakarta dan dari daerah sekitarnya diperkirakan akan memadati kawasan Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada 28-30 Juli 2017 untuk merayakan acara Lebaran Betawi.

Tempat acara yang merupakan Kawasan Perkampungan Budaya Betawi telah sepekan ini dibenahi dan dirapikan, mulai dari pengerukan setu, pengecetan dinding-dinding, pembersihan lingkungan dan rumah adat Betawi terus dilakukan.

Nasan, warga keturunan Betawi tinggal di Jagakarsa, Jakarta Selatan, menyatakan sangat setuju dan siap mendukung pelaksanaan acara Lebaran Betawi yang kali ini dipusatkan di Setu Babakan.

“Kalau tidak salah Lebaran Betawi sudah dilaksankaan untuk yang ke-10 kali dan baru sekarang ini dilakukan di Setu Babakan, Pilihan tempat ini sangat tepat, karena di sini orang masih bisa melihat budaya dan kesenian Betawi,” katanya, Rabu (19/7/2017).

Menurutnya, kawasan Setu Babakan telah ditetapkan oleh Pemprov DKI Jakarta sebagai Kawasan Perkampungan Budaya Betawi, menggantikan Condet, Kramatjati, Jakarta Timur, yang dulu ditetapkan sebagai cagar budaya Betawi.

Namun, rumah adat Betawi di Condet banyak yang hilang dan berganti menjadi bangunan modern karena sudah dijual pemiliknya. Sementara penghuninya dan juga warga Betawi lainnya banyak yang pindah ke luar Jakarta.

“Sedangkan di Setu Babakan, suasananya masih seperti tempo doeloe, banyak pepohonan rindang, dan rumah adat Betawi yang terjaga dengan baik . Bahkan Pemprov DKI juga membangun sejumlah rumah adat Betawi di situ,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Subbagian Tata Usaha Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi, Syaiful Amri, mengatakan Lebaran Betawi diselenggarakan dengan merujuk pada kebiasaan masyarakat Betawi.

Dahulu masyarakat Betawi menyelenggarkan acara Lebaran khusus yang pelaksanaannya pada tanggal 6 Syawal atau 5 hari setelah hari raya Idul Fitri. Namun kebiasaan tersebut cenderung menghilang terkikis perkembangan zaman.

Menurut rencana, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, akan hadir meresmikan acara Lebaran Betawi di kawasan Setu Babakan, yang hampir dipastikan akan rame dikunjungi warga Jakarta dan daerah sekitarnya.

Sebanyak 44 kecamatan se-DKI Jakarta akan membuka stand di arena Lebaran Betawi, menampilkan potensi yang ada di wilayahnya masing-masing, serta stand bazar yang menyajikan aneka produk barang dan kuliner khas Betawi.

Tentu saja, pengunjung juga dapat menyaksikan berbagai pertunjukan kesenian dan budaya Betawi yang akan menyemarakkan acara Lebaran Betawi. Termasuk menaiki perahu di danau Setu Babakan yang cukup indah, luas dan asri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jakarta, betawi

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top