Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SD Negeri di Madiun Hanya Terima 3 Siswa Baru

Sebuah sekolah dasar negeri (SDN) di Kota Madiun, Jawa Timur tercatat hanya menerima tiga orang siswa baru pada hari pertama masuk sekolah karena minimnya jumlah pendaftar.
Hari pertama sekolah/Antara
Hari pertama sekolah/Antara

Kabar24.com, MADIUN -- Sebuah sekolah dasar negeri (SDN) di Kota Madiun, Jawa Timur tercatat hanya menerima tiga orang siswa baru pada hari pertama masuk sekolah karena minimnya jumlah pendaftar.

Sekolah yang minim pendaftar siswa baru pada tahun ajaran 2017/2018 tersebut adalah Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sukosari Kota Madiun. Padahal, idealnya satu rombongan belajar (rombel) terdiri atas 28 siswa.

"Kami memang menghadapi kendala dalam mencari murid. Hasilnya ya seperti ini, hanya ada tiga siswa baru di hari pertama masuk sekolah," ujar Kepala SDN Sukosari, Nurseha, kepada wartawan, di Madiun, Senin (17/7/2017).

Dia mengakui jika jumlah siswa kelas satunya jauh dari jumlah ideal. Meski demikian, ia tidak dapat berbuat banyak lagi.

Menurutnya, tim sekolah telah bekerja keras saat pedaftaran calon siswa berlangsung, di antaranya dengan melakukan sosialisasi ke sekolah taman kanak-kanak (TK) yang ada di wilayah kelurahan setempat hingga mendatangi rumah satu per satu yang sekiranya memiliki anak usia masuk SD.

Namun, wilayah Kelurahan Sukosari yang kecil membuat jumlah calon siswa yang mendaftar juga sedikit.

"Wilayah lingkungan SDN Sukosari sangat minim. Belum lagi dengan kendala usia si anak yang masih kurang," ujarnya.

Sesuai data, ketiga siswa baru tersebut adalah Sheyla Novita Ardiany Jatmiko (7) asal Sukosari, Vellysa Putri Ramadhani (7) asal Kelurahan Tawangrejo, dan Hafis Said Ramadhan (6) asal Tawangrejo.

Salah satu murid, Hafis, mengaku senang telah masuk sekolah. Ia tidak masalah meski jumlah temannya hanya sedikit.

"Senang masuk sekolah. Hari pertama mendapat pelajaran menyanyi," ucap Hafis.

Sesuai jadwal, pada hari pertama sekolah, para siswa baru tidak langsung mendapat pelajaran. Mereka masih menjalani masa pengenalan lingkungan yang rencanannya digelar tiga hari mulai hari Senin (17/7/2017) hingga Rabu (19/7/2017).

Dalam kegiatan masa pengenalan lingkungan, siswa baru diajak berkeliling mengenal lingkungan sekolah mereka dengan siswa kakak kelasnya, dari kelas 2 hingga kelas 6. Sedangkan kegiatan belajar dan mengajar akan efektif dilakukan mulai mulai hari Kamis (20/7/2017).

Sementara, secara keseluruhan jumlah siswa di SDN Sukosari mencapai 54 siswa. Yakni, kelas 1 ada sebanyak tiga siswa, kelas 2 ada empat siswa, kelas 3 ada 13 siswa, kelas 4 ada enam siswa, kelas 5 ada 12 siswa, dan kelas 6 ada 16 siswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper