Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Alumni Aksi 212 Adukan Perppu Ormas ke Komnas HAM

Sejumlah elemen umat Islam bakal melakukan aksi long march selepas Salat Jumat untuk mengadukan keputusan pemerintah memberlakukan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Perppu Ormas).
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 14 Juli 2017  |  09:39 WIB
Suasana kantor DPP Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), di Menteng Dalam, Tebet, Jakarta, Senin (8/5). - Antara/Aprillio Akbar
Suasana kantor DPP Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), di Menteng Dalam, Tebet, Jakarta, Senin (8/5). - Antara/Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah elemen umat Islam bakal melakukan aksi long march selepas Salat Jumat (14/7) siang ini untuk mengadukan keputusan pemerintah memberlakukan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Perppu Ormas).

Perppu Ormas yang diteken Presiden Joko Widodo pada 10 Juli dan pemberlakuannya diumumkan oleh Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto pada Rabu, 12 Juli 2017 tersebut, akan diadukan ke Komnas HAM oleh Aksi Solidaritas Alumni 212 dan Umat Islam.

Dalam pesan berantai di media sosial Whatsapp yang diperoleh Bisnis disebutkan sejumlah elemen umat Islam yang tergabung dalam aksi ini antara lain Pejuang Alumni 212, Pejuang Alumni 313, Pejuang Aksi Bela Islam, FPI, HTI, GNPF MUI, ACTA, HMI, KAHMI, FUI, Kokam Muhammadiyah, MMI, Pemuda Bulan Bintang, NU DKI, FBRI.

Adapun beberapa tuntutan yang akan disampaikan ke Komnas HAM yakni Menolak Perppu Pembubaran Ormas karena bertentangan dengan UUD 1945 dan HAM, Menolak Pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia dan Ormas-ormas Islam lainnya.

"Kami Presidium Alumni 212 mengundang para pejuang Aksi Bela Islam dan pimpinan Ormas Islam: untuk ikut hadir menyampaikan pengaduan ke Komnas atas pelanggaran HAM oleh rezim penguasa saat ini terhadap ormas Islam HTI," demikian salah satu isi pernyataan di pesan berantai tersebut.

Dalam pesan tersebut, tertera beberapa nama tokoh nasional yang mengundang untuk mengikuti aksi long march ini yakni Ansufri Idrus Sambo (Ketua Presidium Alumni 212), Hasri Harahap (Sekretaris Presidium Alumni 212), Amien Rais (Ketua Penasehat Presidium Alumni 212). Massa aksi long march ini akan bergerak menuju Komnas HAM dari Masjid Sunda Kelapa, Menteng Jakarta Pusat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perppu ormas
Editor : Fajar Sidik
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top