Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IBU KOTA PINDAH : Jokowi Bilang Kaltim Berpotensi, tapi...

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai Kalimantan Timur (Kaltim) berpotensi untuk dijadikan Ibu Kota baru, namun Presiden menegaskan bahwa kajian kelayakan daerah masih berlangsung.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi ibu Iriana Joko Widodo (kiri) berdialog dengan pedagang  pasar rakyat Maros Baru usai peresmiannya, di Kabupaten Maros, Sulaweai Selatan, Kamis (13/7)./JIBI-Paulus Tandi Bone
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi ibu Iriana Joko Widodo (kiri) berdialog dengan pedagang pasar rakyat Maros Baru usai peresmiannya, di Kabupaten Maros, Sulaweai Selatan, Kamis (13/7)./JIBI-Paulus Tandi Bone

Kabar24.com, BALIKPAPAN -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai Kalimantan Timur (Kaltim) berpotensi untuk dijadikan Ibu Kota baru, namun Presiden menegaskan bahwa kajian kelayakan daerah masih berlangsung.

Presiden enggan menyebut daerah mana yang dikehendakinya untuk menjadi Ibu Kota RI yang baru. Selain itu, Jokowi juga menghindari imbas negatif dari wacana yang kini tengah masuk dalam kajian Bappenas itu.

Menurutnya, ada tiga daerah yang masuk dalam kajian pemindahan Ibu Kota. Lagi-lagi, Jokowi enggan menyebut daerah-daerah mana saja yang menjadi fokus kajian Bappenas.

"Saya tidak mau singgung itu dulu, karena masih dalam kajian Bappenas. Kalau saya buka daerahnya mana-mana saja, misalnya saya bilang mau pindahkan Ibu Kota ke Berau, nanti orang-orang ramai beli tanah di sana, harga tanah nanti langsung naik," ujarnya, Kamis (13/7/2017).

Jokowi mengatakan, Ibu Kota memang bisa saja dipindahkan ke Kaltim, mengingat infrastruktur yang sudah cukup mumpuni. Pernyataan tersebut langsung disambut dengan gemuruh tepuk tangan masyarakat yang saat itu juga ditampik oleh presiden.

"Jangan tepuk tangan dulu. Kalau saya bilang mau dipindah ke sini, terus tidak jadi, nanti kecewa. Pemindahan Ibu Kota masih membutuhkan kajian panjang meliputi kajian kebencanaan, keekonomian, sosial politik, dan kalkulasinya juga panjang karena membutuhkan biaya," sambung Jokowi.

Menurut Jokowi, pemindahan Ibu Kota memang perlu dilakukan. Jokowi mencontohkan negara-negara lain yang telah memisahkan pusat pemerintahan dan pusat kegiatan perekonomian.

"Sudah banyak negara yang melakukan itu, sehingga semuanya berjalan dengan lebih baik," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper