Obama ke Puncak Becici, Polisi Amankan Jalur

Sebanyak 350 personel Satlantas Polres Bantul siap mengamankan sepanjang jalur Bukit Bintang, Piyungan.
JIBI | 29 Juni 2017 10:12 WIB
Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama melambaikan tangan saat mengunjungi Candi Borobudur, di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (28/6). - Antara/Anis Efizudin

Bisnis.com, BANTUL–Sebanyak 350 personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bantul siap mengamankan jalur Bukit Bintang, Piyungan yang akan dilalui mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Obama dan rombongan akan berwisata menuju ke Puncak Becici, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kamis (29/6/2017).

Berdasarkan jadwal, Obama akan tiba di salah satu titik  kawasan wisata di Bukit Mangunan itu sekitar pukul 10.45. Setelah itu, rombongan akan makan siang di Bumi Langit Institute yang berjarak tak jauh dari Puncak Becici.

Kasatlantas Polres Bantul AKP Imam Bukhari menjelaskan tak ada persiapan secara khusus untuk menyiagakan jalur tersebut. Pihaknya hanya akan memberlakukan sistem buka-tutup jalur. Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan personel guna meminimalisasi kemacetan. Pasalnya, jalur Bukit Bintang terbilang cukup ekstrim. “Jangan sampai terjadi penumpukan kendaraan di sepanjang jalur ini,” katanya.

Beberapa hal yang akan dilakukan adalah dengan mensterilisasi bahu jalan dari kendaraan yang berhenti dan warga sekitar yang ingin menonton rombongan Obama. Pengendara kendaraan bermotor diimbau untuk tidak berhenti di bahu jalan sepanjang jalur Bukit Bintang tersebut. “Begitu pula dengan warga yang menonton, kami harapkan tidak terlalu mendekat ke bahu jalan,” tegasnya.

Ia menjelaskan jalur yang dilewati dimulai dari Prambanan melewati Kalasan, lalu simpang tiga Piyungan, menuju ke arah Bukit Pathuk. Sebanyak 350 personel mengamankan titik-titik jalan dan juga berkoordinasi dengan Polres Gunungkidul.

Sementara itu, terkait jalur pulang Obama dari Puncak Becici belum dipastikan dan melihat perkembangan lebih lanjut. Meskipun demikian, ada kemungkinan mantan orang nomor satu di Amerika Serikat itu kembali ke hotel Tentrem via Jalan Wonosari.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
barack obama

Sumber : Solopos
Editor : Ratna Ariyanti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top