Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menyusuri Sisi Selatan Jawa

Setelah menyusuri sisi utara Jawa dari Jakarta menuju Banyuwangi, Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali memulai perjalanan menjelajah sisi jalur selatan Pulau Jawa.
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017 - Bisnis.com 28 Juni 2017  |  22:32 WIB
Menyusuri Sisi Selatan Jawa
Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran: Jelajah JawaBali (LL-JJB) 2017 berpose bersama menjelang keberangkatan, di Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta, Selasa (20/6). - JIBI/Endang Muchtar
Bagikan

Bisnis.com, PACITAN - Setelah menyusuri sisi utara Jawa dari Jakarta menuju Banyuwangi, Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali memulai perjalanan menjelajah sisi jalur selatan Pulau Jawa.

Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali (LLJJB) memulai perjalanan dari Banyuwangi tepatnya Pelabuhan Ketapang pada Selasa (27/6/2017) pagi.

Perjalanan tim dari Banyuwangi menuju Jember melintasi Gunung Gumitir selama 2,5 jam. Dari Jember, tim lalu melanjutkan ke Lumajang selama 3 jam dengan kondisi arus lintas yang padat.

Dari Lumajang, melintasi selatan Gunung Semeru hingga Kepanjen selama 3 jam. Arus lalu lintas dari Lumajang hingga Kepanjen ini sedikit padat karena banyaknya wisatawan yang dari atau menuju Malang.

Menyusuri sisi selatan Gunung Semeru memang dibutuhkan keahlian khusus untuk menyetir. Pasalnya, kontur jalan yang sempit yakni hanya 5 meter untuk dua jalur, berkelok dan tikungan yang tajam dengan satu sisi terdapat jurang. Diimbau bagi para pengendara yang ingin melintasi wilayah ini untuk tidak di malam hari karena minim penerangan.

Dari Kepanjen tim lalu melanjutkan ke Blitar selama 3,5 jam dengan kondisi arus lintas padat merayap. Kepadatan terjadi karena banyak mobil berpelat luar kota yang pulang dari tempat wisata.

Tim lalu melanjutkan perjalanan dari Blitar menuju Trenggalek selama 2 jam dengan kondisi arus lalu lintas yang lenggang. Dari Trenggalek, tim lalu melanjutkan menuju Pacitan 3,5 jam dengan kondisi ramai.

Dari Blitar hingga Pacitan, kontur jalan berliku dengan tanjakan yang tinggi. Namun, lebar jalan di jalur ini tak seperti dari Lumajang hingga Kepanjen.

Jalan di sepanjang Blitar hingga Pacitan standar hingga 7 meter. Pengemudi diimbau berhati-hati karena banyak titik longsor di sisi selatan Pulau Jawa dan minim penerangan.

Rerata kecepatan tim dalam menyusuri sisi utara Jawa yakni 70 hingga 100 kilometer per jam.

Perjalanan terbilang singkat itu ditempuh dengan catatan tidak menghitung waktu istirahat alias nonstop. Selain itu, jalan akses dalam kondisi ramai lancar.

Tim peliput: Agne Yasa, David Eka Issetiabudi, Feri Kristianto, dan Yanita Petriella

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Tim Jelajah

Sumber : Tim Jelajah

Editor : Maria Yuliana Benyamin
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top