Lapas Perempuan Palembang Ramai Penjenguk

Momen Lebaran menjadi ajang silaturahmi keluarga, tak terkecuali dengan anggota keluarga yang berada di lembaga pemasyarakatan.nn
Samdysara Saragih | 26 Juni 2017 20:53 WIB

Bisnis.com, PALEMBANG – Momen Lebaran menjadi ajang silaturahmi keluarga, tak terkecuali dengan anggota keluarga yang berada di lembaga pemasyarakatan.

Suasana itu terlihat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II A Palembang. Sejak, Minggu (25/6/2017) Lebaran, hingga Senin (26/6/2017) hari ini, Bisnis.com mengamati puluhan orang memadati pintu masuk lapas milik Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatra Selatan itu.

Yahya, salah satu pengunjung, mengaku datang dari Pangkalan Balai, Kabupaten Banyuasin, untuk menjengkuk istrinya yang menjadi warga binaan Lapas Perempuan Kelas II A Pelembang. Sudah 2 tahun sang istri mendekam di jeruji besi sehingga melewatkan tiga kali Lebaran dengan keluarga, termasuk tahun ini.

“Masuk penjaranya pas Lebaran 2  tahun lalu. Hukumannya 5 tahun enam bulan,” katanya kepada Bisnis.com, Senin (26/6/2017).

Yahya mengaku sudah dua bulan ini tidak mengunjungi istrinya. Salah satu yang akan dibicarakan mereka adalah mengenai remisi. Pasalnya, ibu tiga anaknya itu tidak mendapatkan remisi saat Lebaran 2017.

“Padahal ada kabar kalau sudah di lapas 2 tahun bisa dapat remisi 6 bulan. Per tahun dipotong tiga bulan,” tutur pria yang berpofesi sebagai petani ini.

Untuk Lebaran tahun ini, Lapas Perempuan Kelas II A Palembang membolehkan setiap narapidana dijenguk 10 anggota keluarga. Mereka hanya disyaratkan membekali diri dengan satu kartu identitas. Bahkan, bila penjenguk lebih dari 10 orang, keluarga bisa menambahkan satu kartu identitas lain.

Ramainya pengunjung ini menjadi berkah bagi sejumlah pedagang keliling. Ada penjaja minuman, buah-buahan, hingga jajanan anak-anak di sekitar LP.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
palembang, lapas

Editor : Ratna Ariyanti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top