Soal Qatar, Iran Desak Eropa Gelar Dialog di Negara Teluk

Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif meminta Eropa menggunakan pengaruhnya dengan mengadakan dialog di Teluk Persia setelah Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, dan Bahrain memutus hubungan dengan Qatar.
Irene Agustine | 26 Juni 2017 19:38 WIB
Qatar - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif meminta Eropa menggunakan pengaruhnya dengan mengadakan dialog di Teluk Persia setelah Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, dan Bahrain memutus hubungan dengan Qatar pada bulan ini.

Dalam pidatonya di Jerman, Javad mengatakan bahwa menyalahkan Iran atau Qatar karena terorisme adalah usaha negara Arab dan sekutunya untuk menghindari tanggung jawab atas kegagalan mereka sendiri dalam menangani tuntutan rakyat.

Kehadirannya di Jerman sendiri adalah untuk menghadiri diskusi mengenai mekanisme keamanan regional baru untuk negara-negara Teluk.

"Suatu hari Iran, hari ini Qatar," katanya, dikutip Reuters, Senin (26/6/2017).

"Ini adalah upaya untuk menghindari tanggung jawab, menghindari pertanggungjawaban atas kegagalan mendasar ini dan kegagalan sistem negara untuk untuk menanggapi tuntutan rakyatnya,” lanjutnya.

Presiden Iran Hassan Rouhani telah menyuarakan dukungan untuk Qatar dalam konfrontasinya dengan saingan Arab Saudi dan sekutu-sekutunya yang menuduh Qatar mendukung militan Islam, tuduhan yang telah dibantah oleh Qatar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
qatar

Sumber : Reuters
Editor : Ratna Ariyanti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top