Kemenag Siapkan Beasiswa ke Finlandia

Kabar baru bagi pemburu beasiswa, Kementerian Agama melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) akan memberikan beasiswa kepada para guru madrasah untuk bisa mengenyam pendidikan S2 di Finlandia.
Dika Irawan | 23 Juni 2017 01:14 WIB
Beasiswa - ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA -- Kabar baru bagi pemburu beasiswa, Kementerian Agama melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) akan memberikan beasiswa kepada para guru madrasah untuk bisa mengenyam pendidikan S2 di Finlandia.

Dikutip dari Kemenag.go.id, Kamis (22/6/2017), Direktur GTK Suyitno mengatakan, untuk tahun ini beasiswa rencananya akan diberikan kepada 200 guru madrasah.

Untuk memastikan program beasiswa berjalan efektif dan efisien, imbuhnua, Direktorat GTK melakukan serangkaian pembahasan guna mematangkan format program beasiswa ini.

Salah satunya menggelar pertemuan bersama  Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) dan Direktur Pendidikan Agama Islam (PAIS) di Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Dipimpin langsung oleh Suyitno,  rapat mematangkan  rencana membentuk tim yang melibatkan tiga direktorat untuk mempersiapkan formulasi penyelenggaraan program S2 bagi guru dan pengawas. 

“Tim nantinya bertugas mereview proposal yang telah dikirim pihak Universitas Finlandia ke Direktorat GTK untuk diberikan catatan dan masukan agar sejalan dengan kebutuhan serta visi dan misi Kementrian Agama,” terang Suyitno. 

Selain itu, tim juga perlu memastikan desain program beasiswa yang konsepnya adalah kolaborasi antara Perguruan Tinggi Dalam Negeri dan Luar Negeri (Universitas Finlandia). 

Direktur Diktis Nizar menekankan pentingya pelibatan PTKIN dalam mempersiapkan dan melaksanakan program tersebut. Tujuannya untuk memastikan program berjalan lebih maksimal. “Perlu dibuat maping atas kondisi objektif kebutuhan kompetensi guru agar mendapatkan lembaga pendidikan tinggi yang relevan dengan kebutuhannya,” ujar Nizar. 

Sementara Direktur PAIS Imam Syafe’i menambahkan pentingnya penguatan LPTK sebagai wadah penguatan tenaga pendidik yang berkualitas. “Perlu langkah reformasi LPTK sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam program peningkatan mutu guru dan tenaga pendidikan di lingkungan Kementrian Agama,” tuturnya. 

Ketiga pejabat eselon II DItjen Pendidikan Islam ini bersepakat untuk melakukan langkah-langkah strategis bagi peningkatan mutu guru dan pengawas melalui peningkatan jenjang studi S2 dalam dan luar negeri. Dalam waktu dekat, Direktorat GTK dan PAIS akan mengagendakan pertemuan dan mengundang beberapa PTKIN dan PTU sebagai mitra penyelenggara program beasiswa S2 tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
beasiswa, kemenag

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top