INFO MUDIK: 18,5 Jam, Jakarta-Surabaya Via Solo dan Tol Fungsional

Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran: Jelajah Jawa-Bali mencatat, mudik dari Jakarta menuju Surabaya membutuhkan waktu 18,5 jam apabila kondisi lalu lintas tidak terjadi kemacetan.
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017 | 23 Juni 2017 07:30 WIB
Kendaraan pemudik melintas di jalan tol fungsional Brebes, Jawa Tengah, Kamis (22/6). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, SURABAYA--Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran: Jelajah Jawa-Bali mencatat, mudik dari Jakarta menuju Surabaya membutuhkan waktu 18,5 jam apabila kondisi lalu lintas tidak terjadi kemacetan.

Adapun rinciannya, tim berangkat dari Jakarta menuju Brebes pada Senin (20/6/2017), membutuhkan waktu 3,5 jam, kemudian dilanjutkan melewati jalur tol fungsional Brebes-Batang selama 3 jam‎. Keluar dari jalan darurat bagi pemudik ini, tim melanjutkan perjalanan dari Batang menuju Semarang selama 1,5 jam.

Dari Semarang, dilanjutkan melalui Tol Ungaran-Salatiga dengan waktu tempuh 2 jam. Keluar dari jalan tol ini, masuk jalan nasional Salatiga-Solo dengan lama tempuh 2 jam.

Di Solo, tim mencoba menggunakan jalur tol fungsional Solo-Ngawi selama 50 menit. Kemudian meneruskan perjalanan menggunakan satu ruas tol fungsional di Nganjuk dan melanjutkan lagi ke Kota Surabaya dengan menghabiskan waktu 5,5 jam sehingga total perjalanan dari ibukota Indonesia ke ibukota Surabaya mencapai 18,5 jam.

Berdasarkan catatan Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran: Jelajah Jawa-Bali (LLJJB), perjalanan terbilang singkat itu ditempuh dengan catatan tidak menghitung waktu istirahat alias nonstop. Selain itu, jalan akses dalam kondisi ramai lancar.

Satu-satunya hal yang wajib diperhatikan pemudik yang berminat menjajal rute ini adalah, perhatikan waktu memulai perjalanan. Ada baiknya memulai perjalanan pada pagi hari, sehingga ketika tol fungsional dibuka, Anda bisa menggunakannya. Pasalnya, tidak semua akses tol fungsional dibuka pada malam hari dan hanya hingga pukul 17.00.

Tim peliput: Agne Yasa, David Eka Issetiabudi, Feri Kristianto, dan Yanita Petriella

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mudik lebaran

Sumber : Tim Jelajah
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top