Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

H-10 Lebaran Tol Brexit-Gringsing Siap Fungsional

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah optimistis jalan tol dari Brebes hingga Kendal dapat digunakan secara fungsional untuk mudik lebaran 2017 pada H-10 nanti
Kendaraan pemudik antre menuju gerbang exit tol Pejagan-Brebes Timur, Jawa Tengah, Sabtu (2/7)./Antara
Kendaraan pemudik antre menuju gerbang exit tol Pejagan-Brebes Timur, Jawa Tengah, Sabtu (2/7)./Antara

Kabar24.com, SEMARANG—Pemerintah Provinsi Jawa Tengah optimistis jalan tol dari Brebes hingga Kendal dapat digunakan secara fungsional untuk mudik lebaran 2017 pada H-10 nanti. 

Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan tersambungnya flyover Kandeman yang melintasi jalur Pantura pekan lalu menambah keoptimisan tersebut. Sehingga jalan tol akan dapat digunakan secara fungsional dari Brebes hingga wilayah Gringsing di Batang.

“Pada garis besarnya sudah siap secara fungsional dari Brexit sampai ke Gringsing. Bahkan flyover diatas pantura di Kandeman Batang juga sudah siap,” katanya, seperti dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng, Senin (5/6).

Persiapan jalan tol menjelang arus mudik lebaran ini, lanjut dia, menjadi prioritas agar rakyat yang ingin pulang ke kampung halamannya dapat terlayani dengan baik. 

Bahkan, sebelum jalan tol tersebut digunakan, dia juga sudah memerintahkan Dinas Bina Marga dan Dinas Perhubungan untuk melengkapi fasilitas jalan berupa rambu-rambu lalu lintas dan penerangan jalan.

Tidak hanya jalan tol, kesiapan lain menjelang mudik lebaran juga diperhatikan. Salah satunya, di bidang kesehatan yang akan menempatkan minimal satu unit ambulan beserta dokter dan perawat di setiap pos rest area. 

Tidak hanya ambulan, setiap pos tersebut juga akan dilengkapi mobil derek dan SPBU mini.

Penambahan fasilitas guna membantu pemudik rencananya juga akan dilakukan khususnya pada H-3 dan H+2 yang diprediksi menjadi puncak arus mudik lebaran dan arus balik.

Selain jalan tol pihaknya pun menyebut tiga titik flyover yakni Dermoleng di  Kecamatan Petanggungan Brebes yang kini pengerjaannya sudah mencapai 85%, flyover Kretek di Kecamatan Paguyangan Brebes selesai 80% dan flyover Klonengan-Prupuk di Tegal sudah selesali 94%, dapat digunakan secara fungsional pada H-10 nanti. 

Bahkan untuk flyover Dermoleng sudah dapat digunakan pada H-12. Sementara untuk flyover Kretek selama arus mudik nanti akan dibuatkan jembatan sementara bailey tepat diatas perlintasan kereta api agar bisa digunakan secara darurat.

Ketiga flyover ini sangat krusial untuk mengurangi kemacetan akibat penutupan jalan saat kereta api melintas pada arus mudik lebaran tahun ini. Sehingga kapasitas kendaraan dapat ditingkatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper