Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GUNUNG MARAPI MELETUS: Wisatawan dan Pendaki Diminta Jauhi Puncak

Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengingatkan pendaki maupun wisatawan menjauhi radius 3 kilometer dari puncak Gunung Marapi, Sumatra Barat.
Ilustrasi: Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi, di Karo, Sumatra Utara, Jumat (12/5)./Antara-Tibta Peranginangin
Ilustrasi: Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi, di Karo, Sumatra Utara, Jumat (12/5)./Antara-Tibta Peranginangin

Kabar24.com, JAKARTA-- Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengingatkan pendaki maupun wisatawan menjauhi radius 3 kilometer dari puncak Gunung Marapi, Sumatra Barat.

Peringatan ini seiring terjadinya dua kali letusan pada hari ini, Minggu (4/6/2017).

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi melaporkan ke BNPB letusan pertama terjadi pukul 10:01 WIB, kolom abu tebal dengan tekanan sedang mengepul mencapai ketinggian 300 meter.

Letusan kedua pada pukul 10:22 WIB mencapai ketinggian 700 meter dari puncak.

"Tidak terdengar suara gemuruh dan dentuman dari Pos Marapi di Kota Bukittinggi yang berjarak 14 km di barat laut puncak," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam keterangan tertulisnya, Minggu (4/6/2017).

Lebih lanjut, dia mengatakan, erupsi ini termasuk tipe vulkanian kecil berupa lontaran bom vulkanik yang menyebar sekitar kawah, juga disertai kepulan abu hitam tebal yang menyebar sesuai arah angin.

"Erupsi ini merupakan ciri khas G. Marapi yang jarang disertai awan panas dan letusan berlangsung dalam waktu singkat," katanya.

Meski terpantau terjadi letusan dilaporkan tidak ada peningkatan status gunung merapi. Pasalnya PVMBG sudah menyematkan level Waspada (level II) sejak 3/8/2011 hingga sekarang.

"BPBD Kabupaten Solok dan BPBD Tanah Datar terus berkoordinasi dengan aparat setempat sekaligus mengambil upaya antisipasi," katanya.

BNPB mengimbau masyarakat tetap tenang. Tidak terpancing isu-isu menyesatkan. PVMBG akan menyampaikan peringatan dini lebih lanjut jika kondisi aktivitas gunung meningkat dan membahayakan.

Sementara itu, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara terus meletus. Beberapa letusan pada hari ini yang dicatat Pos Sinabung PVMBG antara lain:

1. Pkl. 02:14 WIB; terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu vulkanik 1.500 m. Angin bertiup sedang kearah Timur - Tenggara.

2. Pkl. 07:01 WIB; terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu vulkanik 2.500 m. Angin bertiup sedang kearah Timur - Tenggara.

3. Pkl. 11:37 WIB; terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu vulkanik 1.500 m. Angin bertiup sedang kearah Timur - Tenggara.

4. Pkl. 11:40 WIB; terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu vulkanik 1.500 m. Angin bertiup sedang kearah Timur - Tenggara.

5. Pkl. 12:21 WIB; terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu vulkanik 1.100 m. Angin bertiup sedang - kencang kearah Timur - Tenggara.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggara Pernando
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper