Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Lebaran, BI Siapkan Rp2 Triliun di Sulut & Gorontalo

Bank Indonesia menyiapkan uang tunai sebanyak Rp2 triliun di wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo guna mengantisipasi kebutuhan masyarakat menjelang hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah.
Petugas memeriksa uang/Antara-Akbar Nugroho Gumay
Petugas memeriksa uang/Antara-Akbar Nugroho Gumay

Kabar24.com, MANADO -- Bank Indonesia menyiapkan uang tunai sebanyak Rp2 triliun di wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo guna mengantisipasi kebutuhan masyarakat menjelang hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Soekowardojo, Kepala Perwakilan BI Sulawesi Utara, mengatakan bank sentral memproyeksi kebutuhan uang tunai menjelang Idul Ftiri tahun ini bakal mencapai Rp1,97 triliun. Jumlah tersebut terdiri dari Rp1,47 triliun kebutuhan uang di Sulut dan Rp501 miliar di Gorontalo.

Dia menambahkan, proyeksi kebutuhan uang tunai jelang lebaran tahun ini meningkat 35% dibandingkan periode Idul Fitri tahun lalu. Berdawasarkan wilayah, proyeksi kebutuhan uang tunai di Sulut naik 49% sedangkan di Gorontalo naik 5%

Menurut Soekowardojo, proyeksi kebutuhan yang tunai tahun ini meningkat karena momentum hari raya bersamaan dengan pencairan gaji ke-13 pegawai negeri sipil (PNS).

Di samping itu, jumlah libur yang lebih banyak sepanjang Juni 2017 juga menjadi salah satu kontributor peningkatan kebutuhan uang tunai."Kam

i juga mengantisipasi tingginya minat masyarkat terhadap uang baru tahun emisi 2016," jelasnya di Manado, Rabu (31/5/2017).

Sebagaimana diketahui, uang Rupiah seri baru tahun emisi 2016 diluncurkan pada 2016 lalu. Di periode Januari-April 2017, BI sudah mengedarkan uang emisi tahun 2016 sebanyak Rp282 miliar.

Pecahan uang paling banyak diedarkan yakni pecahan Rp50.000 sebanyak Rp134 miliar dan pecahan Rp100.000 senilai Rp72 miliar.

Untuk mendistribusikan uang tunai, BI bakal membuka kas titipan di Kotamobagu, Kepulauan Sangihe, Kabupaten Pohuwato, dan Kota Gorontalo. Ini dilakukan di samping penyediaan uang tunai kepada perbankan di loket Bank Indonesia Sulut.

BI juga bakal membuka layanan penukaran uang kepada masyarakat melalui kas keliling mulai tanggal 15 Juni 2017-22 Juni 2017 di Manado. Adapun, layanan serupa juga bakal digelar di Kotamobagu, Pohuwato, dan Sangihe mulai 19 Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper