Mendagri Sampaikan 5 Arahan Ini Kepada Seluruh Pemda

Pemerintah pusat memberikan lima arahan kepada seluruh pemda berkaitan dengan Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXI Tahun 2017.
Miftahul Khoer | 25 April 2017 10:43 WIB
Mendagri Tjahjo Kumolo saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/2). - Antara/Hafidz Mubarak A.

Bisnis.com, JAKARTA- Pemerintah pusat memberikan lima arahan kepada seluruh pemda berkaitan dengan Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXI Tahun 2017.

Dalam pidato Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang dibacakan Sekretaris Daerah DKI Saefullah di Monas, dikatakan bahwa pemerintahan daerah harus menjalin hubungan harmonis dengan DPRD termasuk dengan seluruh Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

"Kedua, tingkatkan kualitas tata kelola pemerintahan daerah untuk mewujudkan proses penyelenggaraan pemerintahan daerah yang baik, bersih, melalui reformasi birokrasi, serta peningkatan kapasitas dan integritas seluruh penyelenggara pemerintahan daerah, baik Kepala Daerah, DPRD, maupun pegawai negeri sipil," ujarnya, Selasa (25/4/2017).

Ketiga, prioritaskan program pembangunan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, yang didukung dengan pengelolaan sumber-sumber keuangan daerah secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Keempat, tingkatkan daya saing perekonomian daerah di tengah percaturan ekonomi global dan regional, termasuk era Masyarakat Ekonomi Asean, melalui pengelolaan potensi ekonomi daerah yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan dunia usaha.

"Kelima, tingkatkan keterbukaan informasi publik melalui pelayanan informasi dan dokumentasi publik di lingkungan pemerintahan daerah secara efektif, efisien, dan dapat dipertanggungjawabkan," paparnya.

 

Tag : otonomi daerah
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top