Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPUD DKI Beberkan Perbedaan Format Debat Putaran I dan II

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta Sumarno mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan penyelenggaraan debat calon gubernur dan wakil gubernur pada putaran II Pilgub DKI 2017.
KPUD DKI/Antara
KPUD DKI/Antara

Kabar24.com, JAKARTA--Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta Sumarno mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan penyelenggaraan debat calon gubernur dan wakil gubernur pada putaran II Pilgub DKI 2017.

"Hari ini kami gelar rapat koordinasi teknis terakhir untuk memastikan rundown [debat putaran kedua Pilgub DKI 2017]," ujarnya di kantor KPUD DKI, Selasa (11/4/2017).

Dia menuturkan nantinya akan ada perbedaan format debat putaran kedua jika dibandingkan dengan putaran pertama. Menurutnya, konten debat yang akan dilangsungkan pada Rabu (12/4) tersebut lebih berisi konfirmasi visi, misi, dan program masing-masing paslon untuk masyarakat.

Mengacu pada hal itu, KPUD DKI ingin mendapatkan respons masyarakat terkait visi, misi, dan program paslon.

"Tema debat putaran kedua disepakati dari masyarakat untuk Jakarta," jelasnya.

Sebagai tindak lanjut dari tema itu, KPUD DKI akan mengundang kelompok masyarakat yang sudah diseleksi disaring dari sisi netralitasnya untuk dihadirkan di dalam debat dan kemudian menyampaikan langsung kepada calon gubernur dan calon wakil gubernur.

"Jadi nanti ada tiga bagian. Pertama komunitas masyarakat yang bertanya, kemudian pertanyaan dari panelis tentang program-program yang sudah disampaikan semacam studi kasus, kemudian tektok antarpasangan calon," katanya.

Yang pertama, lanjutnya, adalah calon wakil gubernur, mereka saling bertanya dan saling berdebat antarcalon wakil gubernur. Hal tersebut akan dilanjutkan oleh masing-masing calon gubernur.

Terakhir, KPUD DKI mempersilakan masing-masing calon gubernur memberikan pernyataan penutup atau closing statement.

"Closing statement ajakan mereka mewujudkan Pilgub yang damai dan aman," imbuhnya.

Debat putaran kedua Pilgub DKI 2017 rencananya akan dilaksanakan di Hotel Bidakara pada Rabu (12/4/2017) mulai pukul 19.30 wib. Debat tersebut akan disiarkan secara langsung oleh 14 stasiun televisi di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper