Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Baznas Resmikan Program Zakat Komunitas di Langkat

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meresmikan Program Zakat Community Development (ZCD) di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara.
Badan Amil Zakat Nasional/Istimewa
Badan Amil Zakat Nasional/Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meresmikan Program Zakat Community Development (ZCD) di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara.

Wakil Ketua Baznas Zainulbahar Noor menjelaskan, peresmian tersebut menandai dimulainya berbagai program pemberdayaan masyarakat dari bidang ekonomi, sosial dan dakwah sesuai dengan kebutuhan warga kurang mampu di daerah tersebut.

“Dengan peresmian program ZCD ini diharapkan menjadi langkah awal dalam pelaksanaan program pengentasan kemiskinan dan meningkatkan kapasitas mustahik penerima manfaat,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Sabtu (8/4/2017).

Melalui rogram ini, Baznas memberi kepada mustahik bantuan produktif untuk UKM olahan hasil laut dan makanan ringan di Desa Secanggang, Desa Selotong dan Desa Pantai Gading.

Kegiatan pengembangan pengolahan hasil laut dan hasil bumi di tiga desa tersebut telah menghasilkan setidaknya 30 jenis makanan ringan, seperti abon, srundeng, ikan asin, olahan kripik buah-buahan, dan kerupuk. Program ini juga merealisasikan pemberian bantuan sarana pendidikan anak usia dini atau PAUD.

Selain itu, Baznas bersama Pemprov Sumut dan Pemkab Langkat memberi bantuan kepada warga di Desa Secanggang. Bantuan tersebut berupa atap dan dinding rumah bagi 43 rumah, 15 unit mesin boat dan sampan bagi nelayan mustahik.

“Untuk membangun seluruh program ini, Baznas menyalurkan dana awal sebanyak Rp295 juta. Diharapkan nantinya program ZCD dapat dimanfaatkan oleh 63 kepala keluarga atau 285 jiwa.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper