Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Oesman Sapta Odang Ketua DPD

Oesman Sapta Odang (OSO) akhirnya terpilih sebagai ketua DPD menggantikan Muhammad Saleh dalam rapat paripurna yang digelar hingga Selasa (4/4/2017) dini hari.
Oesman Sapta Odang. /Bisnis.com
Oesman Sapta Odang. /Bisnis.com

Kabar24.com, JAKARTA - Oesman Sapta Odang (OSO) akhirnya terpilih sebagai ketua DPD menggantikan Muhammad Saleh dalam rapat paripurna yang digelar hingga Selasa (4/4/2017) dini hari.

Proses terpilihnya senator asal Kalimantan Barat itu menjadi ketua DPD diawali dengan pemilihan pimpinan DPD terlebih dahulu. Dari hasil pemilihan pimpinan terpilih tiga pimpinan DPD baru yakni perwakilan daerah barat Damayanti Lubis, perwakilan daerah dari Ttengah Oesman Sapta Odang (OSO) dan perwakilan dari timur Nono Sampono.

Dari tiga calon pimpinan DPD asal setiap perwakilan wilayah itu, selanjut dipilih Ketua DPD. Namun, Nono Sampono dan Darmayanti Lubis sepakat menyerahkan sepenuhnya agar OSO menjadi Ketua DPD.

"Saya dan Pak Nono menmbulatkan suara menyerahkan Ketua DPD kepada Pak Oesman Sapta Odang, semoga menjadikan DPD semakin bersinar," ujar Darmayanti dalam rapat paripurna DPD RI, Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Setelah itu, OSO memberi sambutan atas terpilih dirinya menjadi ketua terpilih. Dia tak lupa mengapresiasi para senator yang telah memberikan amanah tersebut.

"Alhamdulillah tadi dari daerah wilayah tengah dengan aklamasi mencalonkan saya tunggal. Malam ini adalah kebangkitan daripada DPD," ujar Wakil Ketua MPR unsur DPD tersebut.

Rapat paripurna selama dua hari sejak kemarin itu berjalan alot setelah keluarnya putusan MA soal periode kepemimpinan DPD selama 5 tahun.

Putusan itu ditolak sebagian anggota DPD sehingga rapat sempat ricuh.

Selain sebagai Ketua DPD, Wakil Ketua MPR, OSO juga merupakan Ketua Umum Partai Hanura sekaligus Ketua Umum Gerakan Budaya dan Ekonomi (GEBU) Minang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper