Xi Jinping dan Donald Trump Akan Bertemu

Pemerintah China memastikan Presiden Xi Jinping akan bertemu Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Florida pada pekan depan.
Newswire | 30 Maret 2017 21:15 WIB
Presiden China Xi Jinping (kiri) bersama Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud

Bisnis.com, BEIJING -  Pemerintah China memastikan Presiden Xi Jinping akan bertemu Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Florida pada pekan depan.

"Presiden Xi akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Finlandia pada 4-6 April 2017 dan bertemu Trump di Florida pada 6-7 April 2017," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lu Kang dalam konferensi pers di Beijing, Kamis (30/3/2017).

Kedua kepala negara tersebut telah dua kali melakukan percakapan via telepon dan tiga kali berkirim surat.

Pertemuan tersebut digelar di tengah perhatian media terhadap hubungan dagang di antara dua negara penguasa ekonomi dunia itu. China dan AS sama-sama menjadi mitra dagang terbesar.

Terkait isu perdagangan China-AS, Lu menjelaskan bahwa Beijing telah memperluas kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan, mengatasi perbedaan pandangan tentang ekonomi dan perdagangan dengan tepat melalui dialog dan komunikasi dan memastikan stabilitas pembangunan ekonomi dan hubungan dagang China-AS.

Ia menyebutkan bahwa volume perdagangan bilateral telah mencapai 519,6 miliar dolar AS pada tahun lalu.

"Hubungan ekonomi dan perdagangan China-AS saling menguntungkan dan kepentingan keduanya juga sangat terakomodasi," ujar Lu.

Mengenai kunjungan Presiden Xi ke Finlandia, dia mengemukakan bahwa Beijing menganggap pentingnya model kerja sama baru dengan salah satu negara di Uni Eropa itu pada masa-masa mendatang.

Finlandia merupakan salah satu negara Barat yang menjalin hubungan diplomatik dengan China dan salah satu negara yang menandatangani kesepakatan dagang dengan China.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
xi jinping, Donald Trump

Sumber : ANTARA/REUTERS
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top