Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sambangi Selandia Baru, PM China Fokus Bahas Perdagangan

Perdana Menteri China Li Keqiang menekankan adanya hubungan dagang yang lebih erat dengan Selandia baru.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 27 Maret 2017  |  06:31 WIB

Kabar24.com, JAKARTA — Perdana Menteri China Li Keqiang menekankan adanya hubungan dagang yang lebih erat dengan Selandia baru.

Li dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Bill English dan para pemimpin bisnis di Wellington, Selandia Baru, pada Senin (27/3) waktu setempat. Selain membahas perdagangan, dia mengingatkan akan potensi adanya proteksionisme global.

Dalam kolom di salah satu surat kabar Selandia Baru, dia menuliskan sebuah pesan yang mengajak negara tersebut untuk bekerja sama dengan China.

“Di tengah meningkatnya ketidakpastian dan ketidakstabilan global, China dan Selandia Baru harus bekerja sama untuk mengubah hal tersebut menjadi peluang,” ujar Li dikutip dari Reuters, Minggu (26/3) waktu setempat.

China merupakan partner utama Australia dan Selandia Baru dalam hal perdagangan. Dalam kunjungannya ke Australia pekan lalu, Li juga membawa misi yang sama.

Kunjungan ke Selandia Baru merupakan kali pertama bagi Li sejak menjabat pada 2013. Dia menegaskan bahwa saat ini dua negara tersebut memiliki hubungan dagang yang stabil.

“Hubungan perdagangan kami saat ini di bidang pertanian sangat baik. Namun, kita perlu menjajaki transaksi lainnya di luar ekspor dan impor,” imbuh Li.

Seperti diketahui, Selandia Baru telah sekian lama mendukung ambisi China untuk menuju pasar global. Keduanya telah menandatangani kesepakatan Free Trade Agreement (FTA) sejak 2008. (Reuters)

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perdagangan china selandia baru
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top