Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sambangi Selandia Baru, PM China Fokus Bahas Perdagangan

Perdana Menteri China Li Keqiang menekankan adanya hubungan dagang yang lebih erat dengan Selandia baru.

Kabar24.com, JAKARTA — Perdana Menteri China Li Keqiang menekankan adanya hubungan dagang yang lebih erat dengan Selandia baru.

Li dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Bill English dan para pemimpin bisnis di Wellington, Selandia Baru, pada Senin (27/3) waktu setempat. Selain membahas perdagangan, dia mengingatkan akan potensi adanya proteksionisme global.

Dalam kolom di salah satu surat kabar Selandia Baru, dia menuliskan sebuah pesan yang mengajak negara tersebut untuk bekerja sama dengan China.

“Di tengah meningkatnya ketidakpastian dan ketidakstabilan global, China dan Selandia Baru harus bekerja sama untuk mengubah hal tersebut menjadi peluang,” ujar Li dikutip dari Reuters, Minggu (26/3) waktu setempat.

China merupakan partner utama Australia dan Selandia Baru dalam hal perdagangan. Dalam kunjungannya ke Australia pekan lalu, Li juga membawa misi yang sama.

Kunjungan ke Selandia Baru merupakan kali pertama bagi Li sejak menjabat pada 2013. Dia menegaskan bahwa saat ini dua negara tersebut memiliki hubungan dagang yang stabil.

“Hubungan perdagangan kami saat ini di bidang pertanian sangat baik. Namun, kita perlu menjajaki transaksi lainnya di luar ekspor dan impor,” imbuh Li.

Seperti diketahui, Selandia Baru telah sekian lama mendukung ambisi China untuk menuju pasar global. Keduanya telah menandatangani kesepakatan Free Trade Agreement (FTA) sejak 2008. (Reuters)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper