Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RUU Kesehatan Gagal, Trump Canangkan Reformasi Perpajakan

Presiden AS Donald Trump mengatakan akan melakukan reformasi perpajakan setelah RUU layanan kesehatan yang diusulkannya gagal mendapatkan dukungan Kongres.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 26 Maret 2017  |  12:30 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. - Reuters/Jonathan Ernst
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. - Reuters/Jonathan Ernst

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden AS Donald Trump mengatakan akan melakukan reformasi perpajakan setelah RUU layanan kesehatan yang diusulkannya gagal mendapatkan dukungan Kongres.

RUU itu pada walnya akan menggantikan layanan kesehatan Affordable Care Act yang diterapkan oleh pemerintahan Barack Obama, namun ditolak selama bertahun-tahun oleh partai Republik yang mendukung Trump.

Program yang dikenal sebagai Obamacare itu mewajibkan seluruh rakyat AS memiliki asuransi kesehatan tetapi menawarkan subsidi bagi warga yang berpenghasilan rendah.

Penolakan partai pendukungnya dan pencabutan RUU itu merupakan kemunduran besar bagi presiden AS yang baru dilantik itu, Padahal Partai Republik menguasai kursi di DPR dan Kongres. Trump juga menyalahkan partai Demokrat yang tidak mendukung usulannya.

Namun, ketika menyampaikan keterangan pers di Gedung Putih, Trump memgungkapkan kemampuan dirinya sebagai seorang pembuat kesepakatan

"Saya akan mengatakan bahwa kita akan memulai dengan sangat, sangat keras untuk pemotongan pajak yang besar dan reformasi perpajakan. Itu yang akan datang," kata Trump, kepada wartawan sebagimana dikutip BBC.co.uk, Minggu (26/3/2017).

Presiden juga mengkritik Ketua DPR AS Paul Ryan, yang seharusnya menggalang dukungan untuk RUU yang kontroversial. "Kami belajar mengenai kesetiaan; kami belajar banyak mengenai proses penggalangan suara," ujarnya.

Pada Sabtu (25/03/2017) Trump juga mengulang klaimnya bahwa layanan kesehatan yang diterapkan sejak pemerintahan sebelumnya, akan 'meledak', dengan menulis cuitan "Kita akan bersama dan mengumpulkan rencana besar layanan kesehatan bagi RAKYAT. Jangan khawatir!"


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Donald Trump
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top