Baru Kali Ini, Video Bunuh Diri Live di Media Sosial

Dunia maya dihebohkan dengan posting-an video siaran langsung pemilik akun Facebook bernama Pahinggar Indrawan yang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.
JIBI | 18 Maret 2017 19:27 WIB
Ilustrasi bunuh diri - Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Dunia maya dihebohkan dengan posting-an video siaran langsung pemilik akun Facebook bernama Pahinggar Indrawan yang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

"Ini baru pertama kali," kata Nukman Luthfi, pengamat media sosial, Sabtu (18/3/2017).

Nukman mengatakan perkembangan teknologi memang bisa membuat setiap orang terkejut. Sisi gelap dari perkembangan teknologi itu, kata dia, memunculkan banyak hal yang bisa dieksploitasi dan nyaris tak terbatas.

"Setiap orang pengen dilihat. Normalnya seperti itu," ujarnya.

Kematian Pahinggar yang tayang di media sosial itu pun, menurut Nukman, di luar dugaan semua orang. Dia melihat, teknologi membuka banyak hal yang bisa membuat orang berbuat hal negatif.

Selain itu, dunia digital akan bergerak lebih dulu daripada polisi atau orang yang punya kemampuan untuk mencegah hal negatif terjadi.

"Kita, mau tidak mau harus menerima kenyataan itu. Kenapa sampai seekstrim ini? Karena dia (Pahinggar) mau pamer," ujarnya.

Pahinggar, kata Nukman, memiliki fasilitas untuk menunjukkan proses bunuh dirinya, yaitu karena adanya fitur live di Facebook.

"Kalau tidak ada live Facebook kan dia tidak bisa pakai," katanya menambahkan. Karena itu, Nukman mengimbau semua orang untuk bersiap-siap menghadapi segala macam efek negatif dari perkembangan teknologi.

Kasus kematian Pahinggar sempat membuat geger media sosial sejak 17 Maret 2017. Dia gantung diri di rumahnya di Jagakarsa, Jakarta Selatan, dan menayangkannya secara langsung di Facebook. Dari tayangan itu pula, terungkap bahwa sebelum mengakhiri hidupnya, Pahinggar sempat bertengkar dengan sang istri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bunuh diri

Sumber : Tempo
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top