Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Takut Dibunuh, Istri dan 3 Anak King Jong-nam Sembunyi

Istri Kim Jong-nam bersama dua anak laki-laki dan satu anak perempuannya menghilang dari rumah. Mereka disebut bersembunyi karena ketakutan menjadi sasaran berikutnya untuk dibunuh
Anak Kim Jong-nam, Kim Han-sol/Reuters
Anak Kim Jong-nam, Kim Han-sol/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Istri Kim Jong-nam bersama dua anak laki-laki dan satu anak perempuannya menghilang dari rumah. Mereka disebut bersembunyi karena ketakutan menjadi sasaran berikutnya untuk dibunuh.

Menurut sumber yang diwawancarai Free Malaysia Today, istri dan tiga anak-anak Kim Jong-nam selama ini tinggal di Makau, Cina. Mereka bersembunyi setelah memberikan persetujuan kepada Malaysia untuk mengurus jasad Kim Jong-nam.

Wakil Perdana Menteri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi menjelaskan, jasad Kim Jong-nam tidak akan dikembalikan ke Korea Utara tanpa persetujuan istri dan anak-anaknya.

Zahid mengatakan, polisi akan memutuskan apa yang akan dilakukan terhadap jasad anak sulung pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-il, tersebut.

Saat ini, menurut Wakil Kepala Kepolisian Malaysia Noor Rashid Ibrahim, jasad Kim Jong-nam, yang tewas diracun pada 13 Februari 2017, telah diserahkan ke Kementerian Kesehatan. "Tindakan lebih lanjut akan menjadi kewenangan prerogatif pemerintah," ujar Ibrahim.

Kim Jong-nam, abang tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, tewas dalam perjalanan ke rumah sakit dari Bandara Internasional Kuala Lumpur, 13 Februari lalu. Dua wanita, masing-masing warga Vietnam dan Indonesia, diduga sebagai pemberi racun mematikan kepada Kim Jong-nam, yakni racun syaraf VX.

Polisi Malaysia bekerja sama dengan Interpol untuk memburu empat pria warga Korea Utara yang diduga kuat terlibat dalam pembunuhan Kim Jong-nam. Keempatnya diduga intelijen yang ditugaskan membunuh Kim Jong-nam.

Hubungan diplomatik Korea Utara dengan Malaysia memanas setelah Malaysia melakukan penyidikan kasus kematian Kim Jong-nam. Korea Utara tidak mengakui jasad yang tewas itu sebagai Kim Jong-nam. Korea Utara berpegang pada identitas di paspor diplomatik korban, yakni tertulis nama Kim Chol.

Namun, hasil uji sampel DNA anak Kim Jong-nam membuktikan jasad itu adalah Kim Jong-nam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper