Kerabat Tak Kunjung Muncul, Jenazah Kim Jong-Nam Diawetkan

Jenazah Kim Jong Nam dibalsem pekan ini di Kuala Lumpur, tanpa satupun anggota keluarga yang hadir untuk mengklaim jasadnya.
Renat Sofie Andriani | 14 Maret 2017 17:03 WIB
Kim Jong Nam - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA – Jenazah Kim Jong Nam dibalsem pekan ini di Kuala Lumpur, tanpa satupun anggota keluarga yang hadir untuk mengklaim jasadnya.

Seperti dilansir Reuters (Selasa, 14/3/2017), Wakil Perdana Menteri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi menginformasikan bahwa jenazah kakak tiri diktator Korea Utara Kim Jong Un tersebut telah dibalsem untuk menjaganya agar tetap awet.

“Langkah itu merupakan upaya untuk mengawetkan jasad. Jika terus tersimpan di kamar jenazah, maka dapat membusuk jadi kami melakukan ini untuk melindungi jasadnya,” jelas Zahid.

Jenazah Kim Jong Nam secara diam-diam dibawa keluar dari kamar jenazah untuk menjalani proses pembalseman pada Minggu malam. Hal ini dilakukan demi menghindari perhatian puluhan awak media yang selalu menunggu di luar kamar jenazah.

Sudah lebih dari sebulan sejak Kim Jong Nam dibunuh pada 13 Februari. Pihak kepolisian Malaysia melaporkan bahwa dua wanita menyapukan racun VX di wajahnya ketika ia sedang menunggu penerbangan di Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Kim Jong Nam, 46, meninggal hanya dalam waktu 20 menit, sebelum tiba rumah sakit. Sejak saat itu, jasadnya telah berada di kamar jenazah rumah sakit Kuala Lumpur.

Pihak berwenang Malaysia telah menegaskan bahwa mereka hanya akan menyerahkannya ke keluarga terdekat. Namun sejauh ini, belum ada satupun anggota keluarga yang muncul untuk mengklaim jasadnya.

Kasus terbunuhnya Kim Jong Nam serta upaya Malaysia untuk menyelidiki sejumlah warga Korea Utara telah memicu ketegangan diplomatik antara kedua negara yang pernah menjalin hubungan erat. Zahid mengungkapkan bahwa kedua negara masih melakukan negosiasi, namun ia tidak memberikan penjelasan lebih lanjut.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
malaysia, kim jong nam

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top