Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cegah Macet, Berikut Rekayasa Lalu Lintas

Pemprov DKI memberlakukan pengaturan rekayasa lalu-lintas terkait pembangunan simpang tak sebidang (underpass) Mampang-Kuningan di Jakarta Selatan
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 09 Maret 2017  |  11:16 WIB
Ilustrasi. - .
Ilustrasi. - .

Bisnis.com, JAKARTA--Pemprov DKI memberlakukan pengaturan rekayasa lalu-lintas terkait pembangunan simpang tak sebidang (underpass) Mampang-Kuningan di Jakarta Selatan.

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan rekayasa lalin di kawasan tersebut dilakukan sejak Januati-Desember 2017.

"Selama pembangunan tidak ada penutupan jalan. Namun, ada pembatasan arus lalin di beberapa ruas. Salah satunya dengan cara pengurangan jalur dari empat jalur menjadi dua jalur saja," katanya, Kamis (9/3/2017).

Berikut rekayasa lalin sesuai tahapan pembangunan underpass Mampang-Kuningan:

1. Simpang Jl Mampang Prapatan
Lalin eksisting dari Ragunan ke Menteng berupa 3 jalur reguler dan 1 jalur Transjakarta. Jalur ini akan diubah menjadi 2 jalur mix traffic, sedangkan dari arah Menteng menuju Ragunan eksisting 2 jalur dan 1 busway menjadi 2 jalur mix traffic. Rekayasa lalin berlaku mulai 10 Maret s/d Desember 2017.

2. Ruas Jl Mampang Prapatan (Simpang Mampang dan Simpang Kuningan)
Lalin eksisting dari Ragunan ke Menteng 3 jalur dan 1 busway akan menjadi 2 jalur mix traffic. Sementara itu, dari arah Menteng menuju Ragunan eksisting 2 jalur reguler dan 1 busway menjadi 2 jalur mix traffic. Rekayasa lalin dilakuka mulai 20 Februari s/d Desember 2017.

3. Simpang Kuningan
Pada zona 3 dilakukan pembongkaran median cepat lambat di Jl Rasuna Said sisi Barat dan Timur (+/- 100 meter), lalin eksisting dari Ragunan menuju Menteng di mulut simpang 4 jalur reguler dan 1 busway akan menjadi 2 jalur mix traffic. Setelah lokasi konstruksi menjadi 2 jalur di jalur lambat dan 2 jalur dan 1 buswat di jalur cepat.

Dari arah Menteng menuju Ragunan eksisting 2 jalur di jalur cepat dan 2 jalur + 1 busway di jalur cepat menjadi 2 jalur mix traffic. Rekayakasa lalin mulai 26 Februari s/d Desember 2017.

Andri menambahkan terkait pelayanan Transjakarta, halte Kuningan Timur akan di relokasi ke sisi utara (mirror) dari lokasi eksising dan Halte Transjakarta Mampang Kuningan di relokasi ke sisi selatan sejauh 225 meter dari Jl Rasuna Said.

"Kami menghimbau seluruh pengguna jalan agar menghindari ruas jalan etrsebut dan dapat menyesuaikan aturan lalin yang ditetapkan," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

underpass
Editor : Linda Teti Silitonga
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top